Wapres Ma’ruf: Tidak Ada Pemuda, Proklamasi Belum Tentu Terjadi

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin di acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 di Jakarta Concert Hall, Senin (28/10) malam. Acara itu bertemakan Bersatu Kita Maju.

Menurut Zainudin, tema tersebut masih relevan dengan Indonesia saat ini. Dalam acara yang dirangkai dengan Malam Penganugerahan Kepemudaan, Zainudin juga mengatakan bahwa tema yang diangkat Kemenpora sengaja dipilih, untuk mengingatkan kembali bahwa 91 tahun lalu, para pemuda Indonesia bisa bersatu walaupun berbeda suku, agama dan daerah.

“Kita tahu beberapa hari belakang ini mulai merasakan persatuan dan kesatuan terganggu. Dengan menghadirikan tema ini dengan satu tujuan untuk menyadarkan kita bahwa kunci untuk maju sebagai bangsa hanya dengan bersatu,” ucap Zainudin.

Dia juga mengingatkan dampak dari kemajuan teknologi. Menurutnya, perkembangan teknologi memiliki sisi positif dan negatif.

“Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat. Saya khawatir jika perkembangan itu justru diarahkan untuk suatu hal yang bersifat merusak. Munculnya berita-berita hoaks, munculnya gejala-gejala kebencian di media sosial,” kata Zainudin.

Oleh karenanya, Zainudin mengharapkan, masyarakat mesti mampu memanfaatkan teknologi secara bijak. Misalnya dalam hal bermedia sosial, maka bangsa Indonesia diharapkan bisa menggunakannya secara tepat.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan, semangat anak-anak muda yang dulu membangun kesadaran tentang ke-Indonesiaan. Anak-anak muda pada 1928 juga mulai membangun pentingnya kebangsaan dan persatuan yang diwujudkan dalam ikrar Sumpah Pemuda yang diperingati hari ini.

“Artinya orang mudalah yang pertama yang menyadari pentingnya persatuan. Para pemudalah yang menggerakkan perlawanan mengusir penjajah. Pemudalah yang memaksa para tokoh memproklamasikan kemerdekaan. Kalau tidak ada pemuda, belum tentu proklamasi terjadi pada 17 Agustus 1945,” jelas Ma;ruf.

Peringatan tersebut dihadiri Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Medan Koran

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *