Claudia Lopez, Wali Kota Perempuan Pertama Bogota

Claudia Lopez, seorang simbol perlawanan terhadap korupsi di Kolombia, terpilih sebagai perempuan pertama yang menduduki jabatan Wali Kota Bogota pada Minggu 27 Oktober.

Perempuan 49 tahun berhaluan kiri-tengah itu menang dalam pemilihan umum kepala daerah dengan raihan 35,2 persen suara. Ia berhasil mengalahkan kandidat liberal Carlos Fernando yang meraup 32,5 persen suara.

“Tidak hanya menang, tapi kita semua telah mengubah sejarah,” tulis Lopez di Twitter, dikutip dari AFP.

Presiden Ivan Duque mengatakan pilkada di seantero Kolombia telah mencetak rekor “tingkat partisipasi kandidat terbanyak” sepanjang sejarah negara tersebut.

Kemenangan Lopez di ibu kota dengan total penduduk 7,2 juta jiwa ini merupakan perubahan besar di Kolumbia yang selama ini didominasi politisi pria.

“Menjadi seorang perempuan bukanlah sebuah kesalahan. Menjadi perempuan yang kuat dan tangguh juga bukan sebuah kesalahan,” ujar Lopez kepada AFP pekan kemarin.

Lebih dari 36 juta orang beramai-ramai memilih wali kota, gubernur dan anggota dewan di sejumlah wilayah di Kolombia. Total ada 116 ribu kandidat dalam pilkada terbaru di Kolombia, dengan 37 persennya adalah wanita.

Badan pemantau misi elektroral Kolombia mengatakan pilkada kali ini diwarnai aksi kekerasan di lebih dari seperempat total wilayah kota/kabupaten.

Bekas grup pemberontak FARC, yang telah menjadi sebuah partai politik pada 2016, ikut serta dalam pemilu di Kolombia untuk kali kedua.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : NewsBeezer

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *