Suhu Panas Ancam Australia, Risiko Kebakaran Hutan Meningkat

Bagian timur Australia akan mengalami hari Oktober terpanas dalam beberapa tahun pada Kamis. Para peramal cuaca memperingatkan suhu bisa mencapai 16C di atas rata-rata di beberapa kawasan karena risiko kebakaran hutan meningkat.

Biro Meteorologi mengatakan bagian selatan Australia Selatan, bagian barat dan tengah New South Wales dan sebagian besar Victoria dan Tasmania akan melihat suhu puncak di atas rata-rata Kamis.

Pada Sabtu, suhu akan turun, tetapi akan tampak peningkatan risiko kebakaran hutan di bagian NSW utara dan Queensland tenggara. NSW telah menunjukkan lebih banyak hutan semak terbakar musim kebakaran ini daripada di dua musim sebelumnya digabungkan.

Diana Eadie, ahli meteorologi, berkata: “Ini adalah periode tahun di mana kita melihat ekstrem dan masih bisa mendapatkan hari yang lebih dingin dengan landa yang sangat hangat.”

“Tapi kami belum pernah mengalami hari yang hangat selama beberapa tahun, dan sekarang kami juga melihat peningkatan risiko kebakaran hutan,” cetusnya, disiarkan dari Guardian, Rabu 23 Oktober 2019.

Sebagian besar panas, kata Eadie, ditarik ke daerah selatan dari utara Australia, di mana suhunya sangat tinggi pada awal pekan ini.

Pada Senin, termometer bandara Darwin mencatat suhu siang hari kedua terpanas pada rekor di 38,2C, yang merupakan 0,7C lebih rendah dari rekor pada 1982. Catatan suhu di situs itu kembali ke tahun 1941.

Wilayah yang diperkirakan mengalami suhu tertinggi di atas rata-rata adalah di Australia Selatan bagian tenggara dan Victoria bagian barat laut.

Biro tidak memperkirakan suhu yang memecahkan rekor luas untuk Kamis, meskipun Gunung Gambier di Australia Selatan dapat mengalami rekor hari Oktober terpanas, dengan suhu diperkirakan mencapai 35C. Catatan kota itu 33,3C yang melanda pada 1977.

Suhu melonjak

Di hari Kamis, Melbourne dapat mencapai 32C, Hobart 27C, dan Canberra 31C. Puncak suhu Sydney akan terjadi Jumat, dengan perkiraan 33C. Prediksi 36C di Adelaide akan menjadi hari Oktober terpanas dalam empat tahun.

Tidak ada sinyal kuat untuk hujan, di luar perkiraan hujan dan badai ketika bagian yang lebih dingin bergerak melalui sebagian besar tenggara pada Jumat, bergerak melalui Sydney pada Sabtu.

Kekhawatiran juga meningkat tentang penurunan level bendungan di Greater Sydney. Menurut Sydney Morning Herald, dokumen pengarahan pemerintah NSW memperkirakan akan membutuhkan satu meter curah hujan buat “memecah kekeringan saat ini” ketika rata-rata tahunan hanya 850mm.

Inspektur Ben Shepherd, dari NSW Rural Fire Service, mengatakan orang-orang harus mencamkan peringatan dini untuk membahas rencana bertahan hidup mereka “dan untuk mengetahui apa yang akan mereka lakukan jika mereka terancam”.

Dia katakan musim kebakaran ini telah melihat lebih dari 500.000 hektar hutan semak terbakar, yang merupakan gabungan lebih dari dua musim terakhir.

Lebih dari 100 rumah telah lenyap. Awal bulan ini, sepasang lansia meninggal di rumah mereka di Coongbar, NSW utara, setelah kebakaran hutan melanda daerah itu.

Shepherd berkata: “Dari hari Kamis kita akan mulai melihat udara panas bergerak ke NSW dengan angin barat. Itu akan melihat area luas dari bahaya kebakaran tinggi.”

Dia mengatakan beberapa daerah akan menghadapi risiko kebakaran hebat pada Jumat, menuju Sabtu. Temperatur tinggi, kelembaban rendah, dan angin kencang menaikkan risiko, dan kondisi itu akan menuju ke bagian selatan negara itu pada Jumat dan Sabtu.

Peringatan

Di Australia Selatan, larangan api total diperkirakan terjadi di sebagian besar negara bagian. Yvette Dowling, komandan tugas negara Dinas Pemadam Kebakaran Negara SA, berkata: “Untuk daerah-daerah negara bagian dengan larangan api total, kami meminta masyarakat menghentikan kegiatan yang berisiko, seperti bilik penggilingan.”

Di tenggara Queensland, komunitas Pantai Peregian di Sunshine Coast sekali lagi terancam oleh kebakaran semak pada Rabu pagi, yang dikatakan Dinas Pemadam Kebakaran dan Darurat Queensland sekarang terkendali, dengan penyemprotan terjadi.

Adam Stevenson, wakil wakil komisaris QFES, mengatakan beberapa daerah akan mengalami bahaya kebakaran yang sangat tinggi pada Jumat, khususnya di bagian utara negara bagian itu.

Pada Sabtu, Queensland tenggara juga akan melihat bahaya kebakaran “sangat tinggi”, dengan wilayah yang berbatasan dengan NSW utara mencapai “parah” pada Sabtu. Dia menyarankan kewaspadaan dan agar masyarakat terus memeriksa QFES dan pesan komunitas.

“Musim kami dimulai sedikit lebih awal dari yang diharapkan dan kami tentu siap untuk berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, mengingat prospek curah hujan jangka panjang dari biro meteorologi, dengan kurangnya curah hujan di seluruh Queensland,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : DW

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *