Hilang Kontak 11 Tahun, TKI di Suriah Akhirnya Ditemukan

Dua tenaga kerja Indonesia (TKI) di Suriah akhirnya kembali ke Tanah Air setelah dilaporkan hilang kontak oleh keluarga selama bertahun-tahun.

Dewi Puspita dan Maharani bt Marzuki, TKI asal Sukabumi dan Mataram hilang kontak selama 9 tahun dan 11 tahun. Mereka dipulangkan bersama 25 WNI lainnya yang mengalami masalah di Suriah pada 21 September 2019.

Kementerian Luar Negeri RI dalam rilis menjelaskan awalnya informasi hilang kontak itu diterima oleh KBRI Damaskus. Tim Perlindungan WNI KBRI Damaskus kemudian berkoordinasi dengan otoritas setempat hingga akhirnya dapat menghubungi dua TKI itu.

“Keduanya ditampung sementara di selter KBRI Damaskus sambil menunggu penyelesaian hak-haknya sekaligus proses administrasi pemulangan keduanya ke tanah air,” kata Kemlu dalam rilis.

Setelah proses di Suriah selesai, mereka langsung terbang menuju Indonesia dan tiba di kampung halaman pada 22 September 2019.

“Rasanya tidak percaya saya dapat berkumpul kembali bersama suami dan keluarga tercinta di Sukabumi setelah 9 tahun berpisah” ujar Dewi. Keharuan yang sama juga dirasakan Maharani saat bertemu dengan kakak kandungnya di Lombok setelah berpisah selama 11 tahun.

Suriah merupakan daerah konflik, dan berdasarkan Kepmenaker Nomor 260 Tahun 2015 merupakan salah satu negara tertutup untuk penempatan pekerja migran Indonesia pada pengguna perseorangan.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Ilustrasi TKI.

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *