BI Diprediksi Kembali Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin

Menyusul pemangkasan suku bunga oleh Bank Sentral Eropa, Bank Indonesia diprediksi kembali memangkas suku bunga acuan atau BI 7 Days Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, September 2019, bank sentral diprediksi akan memangkas kembali suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps).

“Meski masih menunggu sinyal The Fed nanti malam tapi kemungkinan turun lagi jadi 5,25%,” terang Andry kepada Bisnis.com, Rabu (18/9/2019).

Andry memerinci bahwa dengan kondisi inflasi dalam negeri yang terkendali, Bank Indonesia memiliki ruang untuk kembali memangkas suku bunga guna menurunkan cost of borrowings perusahaan.

Dia menyatakan Indonesia masih menjadi negara emerging market yang relatif stabil sepanjang perang dagang dan perlambatan ekonomi global.

Tercermin dari inflasi Agustus sebesar 3,49%, yang masih di bawah target 3,5% sampai 4,5%. Selain itu dari sejumlah momentum krisis dunia, Indonesia juga relatif masih baik.

“Sekarang memang Indonesia pertumbuhannya 5,06% pada 2019, peluangnya bagaimana mendorong sisi household spending.”

Kenaikan inflasi pada Agustus 2019 juga dikarenakan tekanan pada harga emas.

Menurut Andri, kenaikan harga emas semata karena kondisi emas sebagai komoditi safe heaven bagi investor.

Di lain pihak untuk komoditas yang paling tinggi volatilitasnya, yaitu pangan malah tak menyumbangkan inflasi. Hal ini karena harga pangan mulai stabil usai momentum Lebaran.

 

 

 

 

Sumber : bisnis.com
Gambar : blog.ruangguru.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *