Negara Berkabung, Istana Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pengibaran bendera setengah tiang dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan dan Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, sebagai tanda berkabung atas wafatnya Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di kompleks Istana Kepresidenan, bendera setengah tiang tampak dilakukan di halaman depan Istana Merdeka dan halaman Istana Negara.

Bendera setengah tiang pun terpantau telah dipasang di kawasan Kompleks Parlemen, tepatnya di depan Gedung Kura-kura.

Instansi kepolisian pun turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menyampaikan bela sungkawa atas berpulangnya Habibie.

“Saya Kapolda Metro Jaya beserta seluruh jajaranya ingin menyampaikan ucapan bela sungkawa atas berpulangnya presiden ketiga kita almarhum Bapak Profesor BJ Habibie. Insyallah beliau akan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tutur Gatot di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/9).

Pantuan CNNIndonesia.com di lapangan, selama melewati ruas jalan dari kawasan Jakarta Selatan sampai Jakarta Pusat, sejumlah gedung perkantoran, kementerian, lembaga negara, sampai Istana Kepresidenan Jakarta mengibarkan bendera setengah tiang.

Di sepanjang Jalan Cilandak KKO, Transmart Cilandak dan beberapa perkantoran memasang bendera setengah tiang.

Kemudian di sepanjang Jalan Ampera Raya, Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Cilandak, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, serta Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Selain itu, sejumlah perkantoran, kementerian, dan lembaga negara di sepanjang Jalan HR Rasuna Said juga mengibarkan bendera setengah tiang. Di antaranya, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Komisi Pemberantasan Korupsi.

Saat melintasi Jalan Medan Merdeka Timur, kantor pemerintahan yang memasang bendera setengah tiang antara lain, Markas Pusat Polisi Militer Angkatan Darat, Kementerian Kelautan dan Perikanan, sampai Markas Kostrad.

Kemudian bendera setengah tiang juga dikibarkan di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Kementerian Dalam Negeri, Mahkamah Agung, serta Istana Kepresidenan Jakarta.

Presiden ketiga BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9). Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari sampai 14 September 2019.

Pratikno lantas mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini sampai 14 September. Selain masyarakat, kantor-kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri juga diminta mengibarkan bendera setengah tiang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, juga kepada kantor-kantor lembaga negara atau pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang sampai tanggal 14 September 2019,” ujarnya.

Imbauan itu tertuang melalui surat B- 1010/M.Sesneg/Set/TU.0010912019 11 September 2019 tentang pengibaran bendera negara setengah tiang.

Habibie rencananya dikebumikan siang ini di Taman makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman Habibie.

Habibie rencananya dimakamkan di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun, yang telah lebih dulu wafat yakni pada 22 Mei 2010 lalu.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Merdeka.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *