PM Italia Giuseppe Conte Umumkan Pengunduran Diri

Perdana Menteri (PM) Italia Giuseppe Conte pada hari Selasa mengumumkan keputusannya untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Keputusannya itu dipicu oleh ketegangan di kubu koalisi partai yang berkuasa di negara tersebut.

“Saya akan mendengarkan dengan penuh perhatian semua pidato hari ini, tetapi saya bermaksud untuk menyelesaikan transisi politik ini,” kata Conte kepada Senat, seperti dikutip Sputniknews. Dia menambahkan bahwa setelah sesi parlemen dia akan menuju ke kediaman presiden, di mana dia akan menyampaikan secara resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Sergio Mattarella .

Pada awal bulan ini, Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini mengaku telah memberi tahu perdana menteri bahwa pemilihan umum (pemilu) cepat diperlukan karena parlemen tidak lagi memiliki mayoritas suara untuk mendukung pemerintah.

PM Conte mengkritik Salvini karena mendorong krisis pemerintah. Dia menyebut pernyataan wakilnya tentang pemilu cepat itu tidak bertanggung jawab.

Koalisi partai berkuasa di Italia yang terdiri dari Partai Lega dan Gerakan Bintang Lima (Five Star Movement) telah berantakan pada 8 Agustus ketika Matteo Salvini, pemimpin Lega, menyerukan pemilu cepat.

Pengumuman Salvini tentang pemilu cepat muncul setelah pemungutan suara Senat tentang pembangunan kereta api berkecepatan tinggi untuk rute Turin-Lyon. Deputi dari Lega memberikan suara untuk proyek infrastruktur utama itu bersama dengan perwakilan oposisi dan menolak resolusi negatif.

Conte menyalahkan Salvini atas krisis pemerintah dan menuntut agar dia menjelaskan kepada publik Italia alasan pembubaran pemerintah.

Menurut konstitusi Italia, hak untuk membubarkan parlemen dan mengadakan pemilu baru adalah hak Presiden Republik Italia, Sergio Mattarella.

Conte menjabat sebagai Perdana Menteri pada Juni 2018 setelah Partai Lega dan Gerakan Bintang Lima mencapai kesepakatan koalisi.

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : SINDOnews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,T
witter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *