Trump Picu Perang Dagang Memanas, Bursa Tokyo Dibuka Menguat

Bursa Tokyo dibuka di teritori negatif pada perdagangan Senin (5/8/2019). Faktor pemicu adalah penguatan yen hingga penurunan kinerja Wall Street seiring ketidakpastian damai dagang antara AS dan China.

Dilansir AFP, indeks acuan Nikkei 225 melemah 0,72% atau 151,14 poin ke level 20.936,02. Sementara indeks Topix turun 0,82% atau 12,52 poin ke level 1.520,94.

Pada Kamis (1/8/2019), Presiden AS Donald Trump mengumumkan AS akan mengenakan bea masuk sebesar 10% atas produk impor asal China senilai US$ 300 miliar. Produk-produk tersebut sebelumnya bukan objek dari perang dagang.

“AS akan mulai, pada tanggal 1 September, mengenakan bea masuk tambahan dengan besaran yang kecil yakni 10% terhadap sisa produk impor asal China senilai US$ 300 miliar yang masuk ke negara kita,” tulis Trump melalui akun Twitter pribadinya.

Langkah Trump dinilai pelaku pasar mengejutkan. Sebab, tim negosiator dari kedua negara baru menuntaskan perundingan di Shanghai, China, akhir bulan lalu. Kedua belah pihak juga sempat mendeskripsikan negosiasi dagang tersebut berlangsung konstruktif, meskipun sama-sama tidak mengumumkan langkah konkret apapun.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : The National

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *