Pompeo Berharap Pembicaraan AS-Korut Segera Dimulai Kembali

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, dia sangat berharap untuk memulai kembali pembicaraan nuklir dengan Korea Utara (Korut) sesegera mungkin, terlepas dari uji coba senjata Korut baru-baru ini.

Berbicara kepada wartawan yang menemaninya ke forum keamanan Asia di Thailand, Pompeo mengatakan, beberapa pekerjaan awal pada babak baru telah dilakukan, tetapi belum ada tanggal yang ditetapkan.

Pompeo, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (31/7), mengaku menunggu untuk melihat apakah Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-ho datang ke pertemuan di Bangkok. Pompeo yakin akan keseriusan Ri Yong-ho, jika dia benar-benar datang ke pertemuan tersebut.

Terkait dengan Korut, sebelumnya Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) atau JCS menuturkan Korut menembakkan dua rudal balisitik jarak pendek. Kedua rudal itu, menurut JCS, mencapai jarak 250 kilometer.

“Peluncuran terbaru berasal dari semenanjung Hodo di pantai timur Korut, area yang sama dari tempat pekan lalu dilakukan. Rudal itu terbang sejauh 250 kilomenter,” kata JCS dalam sebuah pernyataan.

JCS dalam pernyataanya mengatakan mereka masih terus memantau situasi, untuk melihat apakah Korut akan kembali melakukan uji coba rudal.

Belum ada pernyataan dari Korut tentang peluncuran itu, yang terjadi enam hari setelah Pemimpin Kim Jong-un secara pribadi mengawasi penembakan dua rudal kendati bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump bulan lalu.

 

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : VOA Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *