Presiden Jokowi Dukung BMKG untuk Sampaikan Potensi Bencana

Presiden Joko Widodo mendukung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) untuk terus menyampaikan potensi bencana kepada masyarakat. Jokowi tidak setuju jika informasi yang disampaikan BMKG justru dianggap meresahkan masyarakat.

“Seperti kemarin agak ramai potensi megatrusth, sampaikan apa adanya, memang ada potensi kok, bukan meresahkan,” kata Jokowi Jokowi saat membuka rapat koordinasi BMKG di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

“Sampaikan dan tindakan apa yang akan kita lakukan. Itu edukasi, memberikan pembelajaran kepada masyarakat,” sambung Kepala Negara.

Jokowi menilai pemerintah memang harus secara besar-besaran memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Indonesia negeri yang rawan bencana. Ia meyakini lama kelamaan masyarakat akan terbiasa. Ia ingin agar antisipasi dan penanganan bencana di Indonesia mencontoh jepang.

“Seperti di Jepang yang kita lihat, kalau ada gempa, sirine enggak bunyi tenang-tenang saja. Tapi begitu sirine bunyi, larinya ke mana, arahnya ke mana, sudah jelas semuanya. Jalur evakuasi jelas semua,” kata dia.

Jokowi menilai edukasi mengenai bencana ini bukan hanya menjadi tugas BMKG, namun juga lembaga terkait lain seperti BNPB, pemerintah daerah, hingga setiap masyarakat.

“Sehingga setiap kejadian atau akan ada sebuah potensi kejadian, antisipasinya jelas. Step-step tindakannya juga jelas. Bukan bingung setelah ada kejadian. Manajemen seperti itu harus kita biasakan ada. Baik di pusat, daerah, maupun di lembaga-lembaga yang kita miliki,” kata dia.

Sejak akhir pekan lalu, informasi mengenai potensi gempa dan tsunami di kawasan Pantai Selatan (Pansela) Jawa mencuat.

Informasi ini disampaikan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berdasarkan kajian yang bersumber dari referensi Buku Peta Sumber Gempa 2017 Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Masyarakat diingatkan untuk tak khawatir, tetapi tetap waspada terhadap potensi ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa megathrust dan gelombang tsunami yang disampaikan BPPT bukan sebuah “prediksi”, melainkan “potensi” yang harus diwaspadai bersama.

Penjelasan itu disampaikan melalui berbagai akun media sosial BMKG.

 

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar :Nikkei Asian Review

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *