Lebaran Betawi di Monas, Arus Lalu Lintas Minggu Dialihkan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan Lebaran Betawi ke-12 di Silang Monas, Jakarta Pusat. Kegiatan Lebaran Betawi di Monas itu digelar tiga hari, 19-21 Juli 2019.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, salah satunya akan digelar karnaval sehingga akan ada rekayasa lalu lintas di sekitar Monas, Minggu (21/7).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pengalihan arus yang dilakukan antara lain di ruas Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Selatan akan dibuat Traffic Cone dari Kantor Kedubes Amerika Serikat sampai dengan Kantor ESDM.

“Pembatas yang memisahkan dua lajur untuk lalu lintas kendaraan dan dua lajur untuk digunakan parade defile (karnaval jalan kaki),” kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/7).

Kedua, pada saat parade berjalan, petugas Dishub akan menutup jalan dari arah Jalan Ridwan Rais. Selanjutnya jalan akan dibuka kembali saat peserta sudah melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

“Nanti akan ada pengaturan oleh petugas saat peserta melewati Bundaran Air Mancur sehingga tidak terjadi konflik dengan masyarakat yang mengikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB),” ujar Syafrin.

Pada hari Minggu (21/7) akan dilaksanakan parade dengan berjalan kaki mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB yang diikuti sekitar 2000 orang.

“Mereka akan start dari Balai Kota kemudian berputar di bundaran Air Mancur dan akan masuk ke Pintu Barat Daya Monas,” ujar dia.

Diketahui akan ada pagelaran Budaya Betawi selama rangkaian berlangsung sejak hari ini. Hari kedua, akan dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi yang dimeriahkan oleh sejumlah pertunjukan khas Betawi, seperti Tanjidor, Gambus, Marawis, Palang Pintu, Tarian Betawi, Atraksi Silat Betawi, Gambang Kromong, hingga Lenong

Gelaran hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak yaitu Sorendo-rendo Karnaval Budaya Nusantara oleh 6 wilayah di Jakarta. Di hari terakhir, Lebaran Betawi masih akan dimeriahkan dengan Tarian Garapan, Silat Kolosal, Samrah Betawi, Qosidah, dan Band Betawi.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : medcom.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *