Gempa 5,5 SR Kembali Guncang Malut, Getaran Hingga ke Manado

Gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) kembali mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, Senin (8/7) pukul 13.20 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitternya menyatakan getaran gempa terasa hingga wilayah Manado, Sulawesi Utara.

“Gempa Magnitudo 5.5, 13.20 WIB. Pusat gempa berada di laut 141 km Barat daya Ternate, kedalaman 141 Km,” tulis BMKG.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya mengatakan , sejak gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Maluku Utara, Minggu (7/7) malam, telah terjadi puluhan kali gempa susulan.

“Hingga hari ini, Senin 8 Juli 2019, pukul 12.45 WIB, aktivitas gempa susulan sudah mencapai 47 kali dengan magnitudo terbesar adalah M 4.9 dan magnitudo terkecil M 3.1,” kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, gempa yang mengguncang wilayah Maluku Utara, merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan akibat deformasi kerak bumi pada Lempeng Laut Maluku.

“Gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault) akibat adanya tekanan kompresi lempeng mikro Halmahera ke arah barat, dan tekanan lempeng mikro Sangihe ke arah timur. Akibatnya, lempeng laut maluku terjepit hingga membentuk double subduction ke bawah Halmahera dan ke bawah Sangihe,” katanya.

Rahmat mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap gempabumi susulan.

“Tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Rahmat.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tempo.co

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *