Brasil vs Argentina: Panas

Copa America atau Piala Amerika 2019, sudah memasuki babak semifinal. Bigmatch terjadi saat Brasil bakal lebih dulu mengawali fase ini dengan menghadapi Argentina di Stádion Mineirao, Rabu (3/7/2019) pukul 07:30 WIB. Hasil berbeda yang diperlihatkan kedua tim di laga terakhir, jadi pertimbangan dalam membidik kemenangan pada laga nanti.

Status tuan rumah yang diemban Brasil, bukan jaminan bagi mereka untuk tampil garang di depan publik sendiri. Berkaca dari laga terakhir melawan Paraguay di perempatfinal, adalah bukti betapa tim asuhan Tite itu masih memiliki masalah dalam hal mencetak gol, terutama di lini depan yang diisi sejumlah pemain kelas wahid, seperti Philippe Coutinho dan Roberto Firmino. Beruntung, Brasil bisa mengatasi Paraguay, lewat adu penalti 4-3 usai bermain imbang tanpa gol selama 120 menit laga.

Berbeda dengan Brasil, Argentina yang mendapat tekanan lebih besar di fase Grup justru mampu melaju ke semifinal dengan mudah dengan menekuk Venezuela 2-0, berkat gol Lautaro Martinez dan Giovani Lo Celso. Pun demikian, bukannya anak-anak asuh Lionel Scaloni itu tidak tanpa masalah, jelang menghadapi Brasil. Lionel Messi yang selama ini jadi tumpuan di lini depan, masih belum menunjukkan kemajuan dalam hal menjebol gawang lawan.

Hal itu tentu membuat Messi kian dalam tekanan, menyusul rekor buruk yang dimilikinya setiap kali bertemu Brasil. Seperti dilansir Opta, Messi hanya meraih tiga kemenangan dan tumbang lima kali dalam sembilan pertemuannya dengan Brasil.

Sementara sisanya berakhir imbang. Dengan persentase kemenangan 37 persen, Messi terbilang hanya sekali cemerlang melawan Brasil, yakni saat mencetak hatrik dalam laga ujicoba yang berakhir 4-3, bulan Juni 2012.

Messi juga mencetak gol penentu kemenangan 1-0 pada laga persahabatan, November 2010. Namun pada duel resmi (kualifikasi Piala Dunia atau Piala Amerika), dia belum pernah berjaya. Salah satu hasil negatif (0-3) diderita pada final Piala Amerika 2007. Hal inilah yang kemungkinan menambah rasa percaya diri Brasil untuk kembali menunjukkan taji mereka di depan publik sendiri setelah susah payah lolos ke semifinal. Hal itu pun diungkapkan Tite.

“Di luar apa yang kami alami pada laga terakhir, kami punya rekor yang bagus melawan Argentina yang diperkuat olehnya (Messi red). Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami tampil dengan performa berbeda di laga sebelumnya, tapi saya yakin kami bisa bangkit dan memenangkan pertandingan nanti. Kami tahu orang-orang Brasil ada di belakang kami sekarang ini dan itu sangat membantu kami,” ungkap Tite seperti dikutip AP, jelang pertandingan.

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Bola.net

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]+

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *