IHSG Berpotensi Menghijau di Tengah Penantian Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali mendarat di teritori positif pada Kamis (20/6). Hasil rapat The Fed dan Bank Indonesia (BI) mengenai suku bunga acuan akan mewarnai pergerakan indeks.

Analia Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan IHSG berpotensi bertahan di area 6.300. Hal itu tak hanya terlihat dari sisi fundamental berupa sentimen rapat suku bunga acuan, tetapi juga dari kacamata teknikal.

“IHSG diprediksi menguat, support 6.272-6.305 resistance 6.356-6.372,” papar Dennies melalui risetnya.

Maka itu, pelaku pasar diharap tak lengah dalam melihat peluang yang ada. Beberapa saham yang bisa dikonsumsi antara lain, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Sementara itu, Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah meramalkan penguatan IHSG hari ini lebih terbatas dibandingkan kemarin. Pasalnya, secara teknikal indeks hampir memasuki tren pelemahan.

“Kami proyeksikan IHSG masih bergerak menguat meskipun akan sedikit terbatas berada pada support resistance 6.300-6.400 melihat mendekati area bearish trend line,” ungkap Lanjar dalam risetnya.

Namun, pelaku pasar tetap bisa memperhatikan sejumlah saham yang berpeluang memberikan keuntungan hari ini, yaitu PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Bisi International Tbk (BISI), PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Sekadar informasi, IHSG kemarin kembali berada di atas angin. Pasar saham Indonesia tembus ke level 6.339 dengan penguatan signifikan sebesar 1,3 persen.

Mayoritas atau sebanyak 265 saham tampak hijau, sedangkan 154 saham lainnya melemah dan sisanya 123 saham diam di tempat alias bergerak stagnan.

Sejalan dengan IHSG, bursa saham Wall Street juga berakhir positif tadi malam. Rinciannya, Dow Jones menguat 0,15 persen, S&P500 0,3 persen, dan Nasdaq Composite 0,42 persen.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *