Garap Film ‘Bumi Manusia’ Hanung Bramantyo Menangis

Sutradara film Hanung Bramantyo sempat menangis saat menggarap Film ‘Bumi Manusia’ yang diharap oleh sastrawan masyhur Pramoedya Ananta Toer. Pasalnya, film itu membawa memorinya mundur ke usia 20 tahun, saat dia bertemu novelis nominator Nobel itu untuk pertama kali.

“Saat pertama bertemu, Beliau bilang, ‘Kamu (Hanung Bramantyo) duduk di samping saya. Telinga saya sudah nggak bisa mendengar, karena dihajar sama tentara (ketika ditahan di Pulau Buru).’ Kenangan itu yang membuat saya menangis,” kata Hanung Bramantyo.

Sutradara 43 tahun itu mengaku sangat kagum pada sosok Pramoedya Ananta Toer yang mampu menghasilkan karya spektakuler di tengah keterbatasannya di dalam penjara, yakni di pulau Buru. Bahkan kisah cinta seorang pribumi bernama Minke dan Annelies ini ditulis Pram di atas kertas bekas bungkus semen.

Suami aktris Zaskia Adya Mecca itu mengaku, film yang diadaptasi dari novel populer karya Pramoedya Ananta Toer itu memiliki sejarah dalam kehidupannya.

“Saat usia 17 tahun, saya membaca Bumi Manusia sambil sembunyi-sembunyi. Kenapa? Karena waktu itu takut ditangkap sama polisi,” kata Hanung.
Dia menambahkan, “Saya tidak pernah membayangkan kalau novel karya Pak Pram ini akan bisa dinikmati oleh penonton muda. Karena itu tadi, di era saya untuk membaca novel ini kami bisa saja ditangkap.”

Film Bumi Manusia telah menyelesaikan proses produksi pada 2018. Rencananya, Falcon Pictures akan mulai menayangkan film besutan Hanung Bramantyo itu, pada 15 Agustus 2019.

Hanung merilis poster perdananya di Jakarta, Rabu (19/6/2019). Acara tersebut dihadiri oleh dua pemeran utamanya: Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan dan Mawar De Jongh, serta sang sutradara Hanung Bramantyo.

Iqbaal Ramadhan, bintang yang dikenal sebagai Dilan, terpilih untuk berperan sebagai Minke, Sha Ine Febrianti sebagai Nyai Ontosoroh, aktris pendatang baru Mawar Eva de Jongh sebagai Annelies, serta Ayu Laksmi dan Donny Damara sebagai orangtua Minke.

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Kompas Entertainment

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *