Survei BI, Penjualan Eceran Tumbuh 10,1 Persen di Maret 2019

Bank Indonesia (BI) menyatakan tingkat penjualan eceran sampai dengan saat ini masih tumbuh bagus. Berdasarkan hasil survei mereka yang dirilis Selasa (7/5) ini, tingkat penjualan eceran masih berhasil tumbuh 10,1 persen secara tahunan pada Maret 2019 kemarin.

Pertumbuhan tersebut secara tahunan naik dibandingkan dengan Februari yang hanya 9,1 persen. BI menyatakan kondisi yang masih bagus tersebut ditopang oleh kinerja penjualan eceran subkelompok sandang, suku cadang dan aksesori.

BI memperkirakan kinerja positif penjualan eceran tersebut kemungkinan besar masih akan berlanjut.

Pada April nanti mereka memperkirakan kinerja penjualan eceran masih akan tumbuh bagus. Kondisi tersebut diindikasikan oleh indeks penjualan riil (IPR) April yang diperkirakan akan tumbuh 5,7 persen secara tahunan.

BI menyatakan meskipun pertumbuhan tersebut melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, tapi itu semua lebih bagus dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Pasalnya, pada April 2018 lalu IRR hanya sebesar 4,1 persen secara tahunan. Selain peningkatan penjualan eceran tersebut, BI juga menyatakan dalam waktu tiga bulan mendatang, akan terhadap tekanan harga di tingkat penjualan eceran.

Tekanan harga tersebut tercermin dari indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga bulan ke depan yang sebesar 174,6 atau meningkat dari sebulan sebelumnya yang hanya 153,9.

Peningkatan tersebut kata BI dipengaruhi oleh tekanan inflasi yang cenderung meningkat menjelang perayaan Idul Fitri 2019.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : MSN.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *