Dennis Wise Bicara soal Perubahan Pola Garuda Select Saat Lawan Leicester

Garuda Select bermain imbang 2-2 saat melakoni uji coba melawan Leicester City U-17 di Holmes Park, Leicester, Senin (6/5/2019). Dalam laga tersebut, pelatih Fakhri Husaini menerapkan pola 4-3-3. Ini terbilang skema baru bagi Garuda Select sejak menjalani program pelatihan di Inggris pada Januari 2019. Selama ditangani duet Dennis Wise dan Des Walker, David Maulana dkk terbiasa dengan pola 3-5-2.

Fakhri Husaini didaulat menangani Garuda Select hanya untuk laga melawan Leicester. Sejak diberi wewenang, pelatih Timnas U-18 Indonesia ini sudah memastikan bakal menggunakan pola andalannya, 4-3-3, dan itu sudah dilakukannya dalam tiga hari latihan setelah Garuda Select kalah 2-7 dari Arsenal U-16 pada 2 Mei.

Terkait perubahan pola tersebut, Dennis Wise mengaku tidak masalah. Baginya, skema permainan bukan hal utama dalam sebuah tim karena yang terpenting adalah cara bermain dari setiap individu. “Ini bukan soal sistem tetapi tentang pribadi, bagaimana mereka memahami permainan dan mengambil keputusan. Dalam sepak bola, sistem selalu berubah, bisa 4-4-2, 4-4-1-1, 3-5-2.

Jadi, lebih kepada konsentrasi dan fokus pemain serta pemahaman,” ujar Dennis Wise usai laga saat dimintai komentar soal permainan Garuda Select. “Saya pikir, para pemain sudah banyak kemajuan karena paham soal permainan. Saya berharap para pemain ini bisa terpilih untuk turnamen yang akan datang dan cocok,” tambah Dennis Wise. Memang, Fakhri datang ke Inggris untuk memantau tim serta pemain yang akan disertakan dalam seleksi Timnas U-18. Pelatih yang membawa Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 2017 tersebut dipercayakan untuk menakhodai Timnas U-18 pada Piala AFF U-18 2019 yang menurut rencana bergulir pada paruh kedua tahun ini.

Patut menjadi catatan, skuad Garuda Select sebagian besar dihuni mantan anak asuh Fakhri saat juara Piala AFF U-16. Wajar jika sang pelatih sudah mengenal para pemain tersebut dan diberi kepercayaan menangani tim saat melawan Leicester. Dennis Wise pun tak lupa memuji penampilan David Maulana dkk dalam laga tersebut.

Dia bahkan menyebut Garuda Select layak meraih kemenangan andai tidak membuat kesalahan kecil sehingga tercipta gol pada akhir babak kedua. Setelah melawan Leicester, Garuda Select akan melawan Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019) di mana laga tersebut bisa disaksikan secara langsung via www.supersoccer.tv. Dennis Wise dan Des Walker akan kembali menangani tim dalam laga pamungkas rangkaian program Garuda Select ini.

 

 

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Bola Kompas

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *