Pendapatan Avengers Endgame Lampaui Rekor Titanic

Film ke-22 waralaba Marvel, Avengers: Endgame, menambah pendapatan kotor sedikitnya USD427,8 juta atau Rp6,11 triliun di seluruh dunia pada akhir pekan kedua penayangan. Dengan tambahan itu, Endgame telah melampaui capaian Titanic (1997) dan menjadi film Hollywood kedua dengan pendapatan kotor tertinggi di dunia sepanjang masa.

Menurut data Box Office Mojo dan comScore, Endgame diperkirakan mencapai angka pendapatan USD427,8 juta hingga USD428 juta dari puluhan teritori selama tiga hari terakhir (3-5 Mei). Mari kita ambil angka terkecilnya. Jika ditambahkan dari sembilan hari pertama (24 April – 2 Mei), total pendapatan global film ini diperkirakan mencapai USD2,188 miliar atau sekitar Rp31,3 triliun.

Titanic, yang juga dirilis di bioskop puluhan negara pada 1997, mencapai pendapatan USD2,187 miliar. Sulit untuk langsung menghitung konversi nilai rupiahnya sekarang jika menimbang inflasi. Namun jika selisih karena inflasi tidak disertakan, pendapatan Endgame telah melampaui Titanic sebagai film Amerika dengan pendapatan tertinggi kedua di dunia sepanjang masa.

Film di posisi pertama adalah Avatar (2009), yang mencapai angka USD2,788 miliar. Sebagian besar, persisnya 72,7% adalah pendapatan dari pasar internasional di luar AS-Kanada.

Kendati angkanya tidak sebesar Avatar, Endgame melampaui rekor lain untuk Avatar. Jika Avatar mencapai pendapatan USD2 miliar setelah 47 hari tayang, Endgame butuh waktu 11 hari (24 April – 1 Mei) saja untuk mencapai angka tersebut.

Porsi pendapatan terbesar Endgame, yaitu USD1,569 miliar atau sekitar 71% datang dari pasar internasional di luar AS-Kanada. Sisanya sekitar USD619 juta datang dari pasar domestik AS-Kanada.

Jika hanya menghitung perbandingan di pasar domestik, Endgame masih berada di posisi sembilan dalam jajaran film Amerika dengan pendapatan tertinggi, mengekor Star Wars: The Last Jedi (2017). Dibandingkan dengan film-film Marvel Cinematic Universe, Endgame masih berada di posisi keempat.

Jika selisih nilai inflasi dihitung untuk lingkup AS-Kanada, Endgame berada di posisi ke-42 dalam jajaran film-film terlaris. Titanic berada di posisi kelima, mengekor Gone with the Wind (1939), Star Wars (1977), The Sound of Music (1965), serta ET: The Extra-Terrestrial (1982).

Dari pasar internasional, Endgame paling berjaya di Tiongkok dengan pendapatan USD575 juta selama 12 hari tayang. Negara berikutnya dengan pendapatan tinggi, berturut-turut adalah Inggris, Korea Selatan, Meksiko, Brazil, India, Jerman, Australia, Prancis, Jepang, Rusia, Indonesia, Italia, Filipiina, Spanyol, Hong Kong, Taiwan, dan Thailand. Jumlah pendapatan di 17 negara ini bervariasi antara USD22,5 juta hingga USD89,9 juta.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : RADAR BOGOR

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *