Menguntungkan, Uni Eropa Senang Kerja Sama dengan Indonesia

Uni Eropa (UE) memuji hubungan dan kerja sama yang kuat dengan Indonesia. Duta Besar UE di Jakarta, Vincent Guerend, mengatakan kerja sama tersebut telah menguntungkan kedua pihak di berbagai bidang.

Dalam sebuah pidato sambutan untuk “Europe Day” atau hari jadi UE, Guerend mengatakan Uni Eropa dan Indonesia telah mencapai banyak hal dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Salah satu capaian terbesar adalah Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Dengan kemitraan yang kuat bersama Indonesia, kita menerima banyak. Dialog politik dan keamanan telah dilakukan. Perdagangan juga merupakan yang terbaik, dengan pencapaian terbesar dan keuntungan besar dari CEPA sudah tercapai,” kata Guerend pada Kamis (2/5/2019).

“Turis yang berkunjung telah mencatat rekor baru setiap tahunnya. Investasi juga berhasil setiap tahunnya meski dibungkus dengan dinamika yang kita alami. Tentu saja banyak hal yang bisa kita pelajari dari masing-masing, dan salah satunya mengenai energi terbarukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Guerend mengatakan perayaan “Europe Day” di Indonesia akan menjadi perayaan terakhir bagi dirinya, karena dia akan kembali ke negaranya. “Saya merasa terhormat menjadi pemimpin perwakilan Eropa di Indonesia,” ujarnya.

Perayaan “Europe Day” dihadiri seluruh Duta Besar negara anggota Uni Eropa yang bertugas di Indonesia. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia; Yasonna H Laoly, dan Menteri Dalam Negeri; Tjahjo Kumolo, juga turut hadir dalam perayaan tersebut.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Medcom.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *