Menang Pemilu, Partai Sosialis Pertimbangkan Mitra Koalisi

Partai Sosialis yang berkuasa di Spanyol mempertimbangkan mitra koalisi untuk pemerintahan baru setelah menang pemilu. Meski demikian, Sosialis gagal mendapat suara mayoritas dalam pemilu tersebut. Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez menghadapi pilihan antara aliansi rumit dengan sayap kiri Partai Podemos atau menggabungkan kekuatan dengan kubu kanan-tengah Partai Ciudadanos.

Sosialis meraih 123 kursi dalam pemilu Minggu (28/4), naik dari 84 kursi di parlemen yang akan segera berakhir masa jabatannya. Dengan hampir seluruh surat suara yang telah dihitung, Sosialis bersama kiri-jauh Podemos meraih 11 kursi dari total 350 kursi di parlemen.

Itu artinya Sanchez harus mengandalkan partai-partai pro-kemerdekaan Catalan atau nasionalis Basque untuk membentuk pemerintahan. “Sosialis memimpin pemerintahan dengan dukungan dari Podemos sesuai proyeksi hasil pemilu,” ungkap lembaga survei DBRS, dilansir Reuters.

“Kombinasi politik ini membutuhkan dukungan parlemen dari partai-partai kecil,” papar pernyataan DBRS. Ketua Podemos Pablo Iglesais menyatakan partainya akan senang membentuk koalisi dengan Sosialis. Meski demikin, Sanchez belum berkomentar. Kemungkinan lain adalah Sanchez tidak menolak aliansi dengan Ciudadanos. Kedua partai akan memiliki cukup kursi untuk memerintah tanpa mitra koalisi lain.

Aliansi ini banyak didukung dunia bisnis dan keuangan. Ketua Ciudadanos Albert Rivera menyatakan bahwa partainya akan memimpin oposisi parlemen terhadap Sanchez. Ketua Ciudadanos di Catalonia, Ines Arrimadas menambahkan, “Setiap orang yang memilih untuk Ciudadanos tahu bahwa kami tidak akan beraliansi dengan Sanchez.”

Negosiasi untuk membentuk pemerintahan dapat membutuhkan waktu beberapa pekan atau bulan. Sesuai peraturan pemilu Spanyol, pemerintahan baru harus mendapat suara mayoritas mutlak di parlemen untuk dapat menjabat dalam voting putaran pertama. Untuk dapat melakukan itu, digabungkan dengan Podemos, Sosialis membutuhkan sedikitnya satu anggota parlemen dari kubu separatis Catalan.

Upaya kemerdekaan Catalonia menjadi isu paling kontroversial dalam pemilu yang sering menciptakan debat tentang identitas nasional. Untuk membuat kesepakatan dengan separatis, Sanchez berisiko masuk dalam ladang ranjau politik. Jika ada voting putaran kedua, Sanchez hanya membutuhkan mayoritas simpel untuk mengesahkan pemerintahannya dengan Sosialis dan Podemos didukung semua partai regional kecuali Catalan, ditambah satu suara abstain.

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Detik News

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *