Partai Sosialis Menang Pemilu Spanyol

Partai Sosialis keluar sebagai pemenang dalam pemilihan umum Spanyol yang digelar pada Minggu (28/4) kemarin. Namun, mereka harus berkoalisi dengan sejumlah partai kecil untuk membentuk pemerintahan.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (29/4), Partai Sosialis yang dipimpin oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez meraih 29 persen suara. Dengan hasil itu, mereka mendapatkan 122 dari 350 kursi di Kongres.

“Saya akan memulai dialog untuk membentuk pemerintahan hanya dengan partai-partai yang menghormati undang-undang dasar dan keadilan sosial,” kata Sanchez.

Pernyataan Sanchez itu dianggap sebagai sinyal dia masih membutuhkan dukungan dari kelompok separatis di Catalonia untuk membentuk pemerintahan berhaluan sayap kiri. Di sisi lain, dia ingin bisa mempertahankan jabatannya sebagai perdana menteri dalam pemilihan melalui Majelis Rendah.

Kelompok separatis Catalan saat ini mendapatkan 22 kursi di Kongres.

Pesaing terdekat Partai Sosialis, Partai Popular, hanya mendapat 66 kursi. Perolehan mereka turun jauh dari 2016 yang mendapatkan 137 kursi.

Ketua Partai Popular, Pablo Casado, mengakui perolehan suara partainya dalam pemilu 2019 sangat buruk. Dia menuding basis suaranya terpecah dan masuk ke Partai Vox yang berhaluan sayap kanan, dan Partai Warga yang merupakan poros tengah.

Partai Vox mendapat 24 kursi di Kongres atau 10 persen suara. Sedangkan Partai Warga mendapatkan 57 kursi.

Permasalahan Catalonia sampai saat ini masih mengganjal di Spanyol. Kelompok separatis menggelar jajak pendapat pada 2017 dan menyatakan merdeka dari Spanyol.

Tokoh separatis berkeras mereka ingin merdeka dan berpisah dengan pemerintah. Namun, Sanchez menyatakan di dalam konstitusi Spanyol sebuah daerah dilarang memisahkan diri dan berdaulat tanpa persetujuan seluruh warga Spanyol.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *