Atiqah Hasiholan Berharap Film Mantan Manten Jadi Inspirasi para Milenial

Atiqah Hasiholan kembali ke dunia akting lewat film cerita terbarunya, Mantan Manten. Dia berharap film drama berlatar budaya adat Jawa ini mampu memberikan inspirasi, terutama bagi kalangan dewasa kota yang terbiasa hidup serba cepat.

Mantan Manten berkisah tentang Yasnina (Atiqah), perempuan ibukota dengan karier cemerlang yang siap menikah. Namun suatu hari, ketenangan hidupnya berakhir ketika dia dikhianati oleh rekannya Iskandar (Tyo Pakusadewo). Rencana pernikahan pun berada di ujung tanduk.

Yasnina hendak mengambil satu-satunya aset yang tersisa, yaitu sebuah rumah di Tawangmangu, Jawa Tengah. Namun untuk itu, dia harus memenuhi syarat Marjanti (Tutie), pemilik rumah sebelumnya, untuk menjadi asistennya. Marjanti adalah dukun paes manten yang disegani dan sudah lama tinggal sendiri.

“Ini drama dewasa yang menurutku sangat unik dan penting untuk diangkat,” kata Atiqah usai pemutaran Mantan Manten khusus untuk wartawan di XXI Epicentrum Jakarta, Senin, 1 April 2019.

“Bertemakan kehidupan modern perempuan zaman sekarang, dengan konflik-konflik yang sering kita alami sebagai manusia modern, lalu dipertemukan oleh budaya tradisional yang sangat penting sekali. Ketika kita menonton, kita jadi diingatkan sesuatu,” tuturnya.

Bagi Atiqah, film ini bisa menjadi pengingat setidaknya atas dua hal. Pertama, bahwa berbagai masalah berbeda dialami oleh banyak orang. Kedua, bahwa akar budaya tradisional juga mampu menjadi jalan penyelesaian masalah orang-orang modern seperti Yasnina.

“Dalam zaman modern ini, di dunia yang serba digital dan cepat, lambat laun kita melupakan budaya kita. Namun dalam film ini, yang sangat menarik, bagaimana masalah si cewek modern (Yasnina) justru terselesaikan lewat pengenalan dia terhadap budaya (tradisional) Jawa,” ujar Atiqah.

“Jadi untuk para millenial, kalau ada masalah, coba juga mendekatkan diri kepada budaya kita karena di situ sarat banget filosofi,” imbuhnya.

Mantan Manten digarap sutradara-penulis Farishad Latjuba dan penulis Jenny Jusuf dalam naungan Visinema Pictures. Ini menjadi film kedua Atiqah dengan Visinema sejak Wonderful Life (2016).

Selain Atiqah, film ini diperankan oleh Tutie Kirana, Arifin Putra, Tyo Pakusadewo, Marthino LIo, Oxcel, Dodit Mulyanto, Asri Welas, Melissa Karim, Ria Irawan, Arswendi Nasution, dan Aimee Saras.

Mantan Manten dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis, 4 April 2019.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *