Jelang Pembagian Dividen, IHSG Diramal Menghijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali ke zona hijau hari ini, Kamis (28/3) menjelang pembagian dividen tahunan. Pembagian dividen akan menjadi sentimen positif bagi pasar saham.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengungkapkan mayoritas emiten akan membagikan dividen pada April 2019. Ini artinya paling cepat dividen dikantongi pelaku pasar pada pekan depan.

“Mendekati musim pembagian dividen ini saya rasa investor akan terdorong untuk kembali masuk,” ungkap Dennies, Kamis (28/3).

Dengan sentimen ini, Dennies menyebut terbuka peluang bagi indeks mengarah ke area 6.500. Tepatnya, ia memprediksi indeks bergerak dalam rentang support 6.415-6.429 dan resistance 6.471-6.499.

Sementara, Analis KGI Sekuritas Yuganur Wijanarko berpendapat pelaku pasar bisa memanfaatkan pelemahan IHSG kemarin untuk melakukan akumulasi beli alias membeli saham secara bertahap. Hal ini khususnya untuk berkapitalisasi besar (big capitalization/big cap) dan lapis saham kedua.

“Ini untuk melanjutkan kenaikan berikutnya ke resistance atas di level 6.480-6.510,” papar Yuganur.

Beberapa saham yang disarankan Yuganur untuk dicermati, antara lain PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP), dan PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

RTI Infokom mencatat IHSG kemarin melemah 0,39 persen atau 25,26 poin ke level 6.444. Jumlah transaksi beli oleh pelaku pasar asing terlihat belum seberapa, terbukti mereka tercatat jual bersih (net sell) di all market sebesar Rp424,72 miliar.

Bursa saham Wall Street juga tampak lesu tadi malam. Tiga indeks utamanya berakhir di zona merah, seperti Dow Jones yang turun 0,13 persen, S&P500 0,46 persen, dan Nasdaq Composite 0,63 persen.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Ekonomi Bisnis – SINDOnews

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *