Banjir Bandang Sentani, Pemerintah Siapkan 4 RS Rujukan

Penanganan banjir bandang Sentani, Papua dari segi pelayanan medis telah didukung kembali oleh operasional sejumlah rumah sakit salah satunya seperti RSUD Yowaris.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, pasien yang membutuhkan perawatan rujukan sudah dapat dilakukan di empat rumah sakit.

“RS Dian Harapan, RS Bhayangkara, RS Abepura, dan RS Aryoko difungsikan sebagai rumah sakit rujukan,” jelas Sutopo dalam keterangan rilis ditulis Selasa (19/3/2019).

Pos Komando yang didirikan di Kantor Bupati Jayapura juga telah melayani korban luka dan terdampak melalui pelayanan medis maupun dapur umum. Kini pemerintah daerah setempat bersama dinas terkait, TNI, dan Polri melakukan upaya pemulihan dini.

Upaya tersebut seperti pembersihan kayu gelondongan, bebatuan, puing-puing dan material lain dengan alat berat. Selain itu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura mengerahkan 4 unit ekskavator dan 4 wheel loader (traktor dengan roda karet untuk mengangkut material).

Ada 10 dump truck (truk jungkit) untuk pembersihan ruas Jalan Nasional Jayapura-Sentani-Kemiri sepanjang 70 km. Jalur tersebut tertutupi lumpur dan pohon tumbang.

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *