WNI di Brunei Dapat Transportasi Gratis saat Pemilu 2019

Warga negara Indonesia di Brunei Darussalam akan disediakan transportasi gratis saat pemilihan umum serentak pada April mendatang. Transportasi itu berupa bus dan kapal motor dari Kuala Belait, Tutong, dan Temburong ke KBRI Bandar Seri Begawan.

Demikian disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko, MA. Pernyataan Dubes Sujatmiko disambut gegap gempita oleh tidak kurang dari 350 peserta yang hadir saat acara sosialisasi Tata Cara Pemilu 2019 bagi WNI di wilayah Kuala Belait dan sekitarnya di hotel V-Plaza pada 9 Maret.

Pemberian transportasi gratis dilakukan untuk memudahkan WNI di seluruh penjuru Brunei agar dapat hadir saat Hari H Pemilu pada 14 April mendatang di KBRI Bandar Seri Begawan.

“Saat ini tengah disusun titik-titik penjemputan WNI beserta moda transportasinya di masing-masing wilayah dan dalam waktu dekat akan segera diumumkan secara luas,” ucap Dubes Sujatmiko, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Rabu 13 Maret 2019.

Dubes Sujatmiko dalam paparannya juga berpesan mengenai perlunya bagi WNI di seluruh Brunei untuk selalu mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di negara tersebut agar terhindar dari berbagai jenis hukuman. Dia juga menjelaskan beberapa pasal khusus dalam hukum syariah di Brunei Darussalam yang akan segera diberlakukan bulan April mendatang.

Ia menyampaikan keprihatinannya bahwa saat ini terdapat 52 WNI yang dipenjara, yaitu 40 orang laki-laki di Penjara Maraburong dan 12 orang wanita di Penjara Jerudong. Kasus-kasus yang dialami para WNI tersebut 70 persen pelanggaran keimigrasian dan sisanya beragam kasus, seperti pencurian, perampokan, penyelundupan, asusila, penipuan, dan pembunuhan.

Dalam acara sosialisasi, disampaikan pula paparan teknis tata cara penyelenggaraan beserta simulasi pemungutan suara Pemilu 2019 oleh PPLN dan Panwaslu Bandar Seri Begawan.

Pada bagian tanya jawab, sebagian besar peserta menyampaikan apresiasi yang tinggi baik kepada KBRI maupun PPLN dan Panwaslu Bandar Seri Begawan yang telah berupaya untuk mempersiapkan Pemilu 2019 di Brunei dengan sebaik-baiknya.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *