Peringatan IMF: Badai Ekonomi Global Mendekat

Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Minggu memperingatkan pemerintah negara-negara di seluruh dunia untuk bersiap menghadapi badai ekonomi yang mungkin terjadi karena pertumbuhan global yang meleset dari perkiraan.

“Kita melihat perekonomian yang tumbuh lebih lambat dari apa yang telah kita antisipasi,” kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam acara World Government Summit di Dubai, dilansir dari AFP.

Bulan lalu, IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi globalnya tahun ini menjadi 3,5% dari 3,7% yang diperkirakan di Oktober tahun lalu.

Lagarde mengutip apa yang ia sebut dengan “empat awan” sebagai faktor utama yang menjadi risiko ekonomi global. Mantan menteri keuangan Prancis itu juga memperingatkan bahwa badai bisa saja menyerang.

Risiko-risiko tersebut termasuk ketegangan perdagangan dan kenaikan tarif impor, pengetatan pasar keuangan, ketidakpastian terkait hasil Brexit dan dampaknya serta berlanjutnya perlambatan ekonomi China, ujar Lagarde.

Ia menambahkan bahwa ketegangan perdagangan yang utamanya terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China telah berdampak secara global.

“Kita tidak tahu ke mana ini [perang dagang] akan berjalan dan apa yang kita tahu adalah hal ini telah mulai berdampak pada perdagangan, pada keyakinan dan pada pasar,” ucapnya. Ia juga memperingatkan pemerintah untuk menghindari proteksionisme.

Lagarde tak lupa mengingatkan pemerintah akan risiko yang disebabkan oleh naiknya bunga utang dalam konteks meningkatnya jumlah pinjaman pemerintah, perusahaan, dan rumah tangga.

“Ketika ada terlalu banyak awan, hanya perlu satu petir untuk memulai badai,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Transparency International

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *