Tantangan Michelle Ziudith Belajar Bahasa Jawa di Film Calon Bini

Film bergenre drama komedi garapan Screenplay Films, Calon Bini tayang perdana lebih awal di Yogyakarta pada Selasa 5 Februari 2019. Gala premiere digelar di studio XXI Jogja City Mall dengan menghadirkan dua pemeran utamanya, Michelle Ziudith dan Rizky Nazar.

Michelle Ziudith, salah satu pemeran dari film yang separo lokasi syutingnya di pedesaan Yogya tersebut menuturkan tantangannya harus belajar bahasa Jawa dalam film itu.

“Dialog dalam film ini kan ada scene yang pakai Jawa Kromo (Jawa halus) jadi aku harus ekstra belajar, pelan-pelan, dan hati-hati,” ujar Michelle.

Dalam film Calon Bini, Michelle memerankankan karakter Ningsih, gadis asal pedesaan Yogya yang bercita-cita bekerja sukses demi membahagiakan orang tuanya.

Dalam perjalanan muncul masalah tatkala Ningsih menolak dijodohkan dengan pemuda di desanya sekaligus anak Kepala Desa (Butet Kertaradjasa). Karena tidak cinta dan bingung, Ningsih memilih kabur ke Jakarta.

Michelle menuturkan dalam film itu, ia benar benar tertantang mempelajari bahasa Jawa karena harus beradu peran dengan sejumlah seniman Yogya yang berlatar belakang teater kuat. Selain ada Butet Kartaradjesa, juga ada Marwoto serta Slamet Rahardjo.

Ketiga seniman itu turut menjadi mentor Michelle memahami bahasa Jawa sekaligus karakter perannya.

“Sebulan lamanya aku les bahasa Jawa, tak cuma belajar bahasanya saja tapi juga logatnya, tata busana, dan nuansa Jawa yang kental di film ini,” ujar artis berdarah keturunan Belanda-Indonesia asal Medan itu.

Michele mengungkap, dalam film itu ia jadi tahu dan belajar bahwa bahasa Jawa yang diucapkan harus menyesuaikan situasi seperti dalam keseharian.

Bahasa Jawa memiliki tingkatan berbeda ketika diucapkan pada lawan bicara. Misalnya lawan bicaranya orang tua maka bahasa Jawa yang dipakai bahasa Jawa Kromo atau halus.

“Jadi kalau aku jatuh itu ngomongnya bukan tibo, tapi dhawah, sejenis itu,” ujarnya.

Michele mengaku awalnya ia memang kerepotan karena selama kariernya tak pernah berinteraksi dan bicara bahasa Jawa. Terlebih 70 persen dialog dalam film ini juga menggunakan bahasa Jawa.

Maka demi mendalami karakternya sebagai sosok perempuan Jawa, ia mempelajari bahasa Jawa itu seksama.

“Kata per kata yang sulit aku catat, aku pahami, tak sekedar dihafalkan, pas syuting juga begitu, aku pahami dulu naskahnya (yang berbahasa Jawa),” ujarnya.

Diakui Michelle, ia kesulitan saat mendapati istilah Jawa yang penulisannya hampir sama tapi ternyata pengucapan dan maknanya berbeda. Misalnya loro yang artinya bisa angka dua tapi juga bisa berarti sakit ketika berbeda pengucapannya.

“Ada kesulitan karena bahasa Jawa tak sekedar menghafal, tapi harus dipahami dan dibiasakan,” ujarnya.

Film Calon Bini ini disutradarai oleh Asep Kusdinar. Selain Michelle dan Rizky film ini turut dibintangi oleh sederet bintang lain yakni Slamet Rahardjo, Niniek L karim, Cut Mini, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kertaradjasa, Ramzi, dan Maya Wulan.

Jessica Pinkananda, perwakilan dari Screenplay Film mengungkapkan dalam gala premier itu sebanyak dua studio di XXI Jogja City Mall dibuka bagi warga Jogja yang sudah membeli tiket.

 

 

 

 

[Sumber : tempo.co

Gambar : Fimela.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *