Jelang Pertemuan The Fed, Kurs Dolar AS Jatuh

Kurs dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap mayoritas mata uang, tertekan rencana Federal Reserve (The Fed) yang akan mengambil sikap untuk melonggarkan kebijakan moneternya.

Mengutip Reuters, Senin (28/1/2019), Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan melakukan pertemuan pada 29-30 Januari. Ketua Jerome Powell diharapkan mengakui risiko yang meningkat terhadap ekonomi AS ketika momentum global melemah. “Arah umum untuk dolar masih turun dan pasar akan mengambil isyarat dari FOMC minggu ini,” kata Sim Moh Siong, ahli strategi mata uang di Bank of Singapore.

“The Fed kemungkinan besar akan mempertahankan suku bunga stabil tahun ini mengingat kondisi pertumbuhan ekonomi di luar AS.”

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama turun menjadi 95,73. Kesepakatan untuk membuka kembali pemerintah AS untuk saat ini setelah penutupan yang berkepanjangan juga mengurangi permintaan investor akan greenback.

Selama sekitar dua bulan terakhir, Powell dan beberapa pembuat kebijakan Fed lainnya telah mengambil pendekatan yang lebih hati-hati pada pengetatan moneter, membuat posisi dolar AS kurang kuat setelah menikmati dorongan dari kenaikan empat tingkat suku bunga Fed tahun lalu.

Traders bersikap bearish terhadap dolar AS untuk 2019. Di tengah situasi ekonomi global yang melemah dan ketegangan perdagangan AS-China, The Fed akan mempertahankan suku bunganya tahun ini untuk menghindari perlambatan pertumbuhan di dalam negeri.

Dolar AS dibeli 109,34 yen Jepang, menguat 0,2 persen. Sebelumnya Dolar AS telah menguat sekitar 1,3 persen terhadap yen selama dua minggu terakhir.

Euro sedikit lebih tinggi menjadi 1,1411 dolar AS. Mata uang tunggal ini berhasil mempertahankan kenaikan 0,4 persen pada pekan lalu meskipun Bank Sentral Eropa menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk jangka pendek.

Sterling naik moderat, bertahan di atas level psikologis 1,32 dolar AS. Sementara itu Dolar Australia tidak berubah di 0.7181 dolar AS karena pasar ditutup untuk hari libur umum.

 

 

 

 

Sumber : inews.id
Gambar : finans.mynet.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *