Pete Buttgieg, Kandidat Capres Gay Pertama AS

Wali Kota South Bend, Pete Buttigieg, mengumumkan ambisinya menjadi presiden gay pertama sekaligus termuda dengan mencalonkan diri sebagai kandidat dari Partai Demokrat untuk maju di pilpres Amerika Serikat 2020, Kamis (24/1).

Politikus 37 tahun itu mengatakan telah membentuk komite eksplorasi presiden untuk memfokuskan kampanyenya demi membawa kepentingan politik lokal ke panggung nasional.

Dia juga berjanji akan terus mengembangkan ekonomi di kota-kota “Rust Belt”, wilayah di Midwest yang telah lama mengalami penurunan ekonomi terutama dalam sektor manufaktur.

“Saya jelas tidak melangkah ke tahap ini sebagai orang yang paling terkenal dalam kontes ini,” kata Buttigieg dalam jumpa pers.

“Namun, saya merupakan bagian dari partai yang memiliki karakter suka mencari suara baru, kepemimpinan baru, dan ide-ide besar. Dan saya pikir itu lah yang akan terjadi pada 2020 mendatang.”

Buttigieg terpilih menjadi Wali Kota South Bend untuk dua periode, tapi ia tak banyak dikenal publik di luar kota tersebut. Demi menarik perhatian, dia membuat panduan untuk mengeja namanya melalui akun Twitter-nya.

“Itu adalah ‘BOOT-edge-edge’,” kicaunya seperti dikutip AFP.

Buttigieg adalah seorang veteran militer yang pernah ikut berperang di Afghanistan. Dia menikahi suaminya pada tahun lalu.

Melalui sebuah video kampanye yang diunggah di media sosial, Buttigieg menggambarkan dirinya sebagai seorang reformis yang mampu menghidupkan kembali South Bend. Wilayah itu ditinggalkan banyak warganya dan mengalami pelemahan ekonomi selama puluhan tahun belakangan.

Meski tak menyebut langsung nama Presiden Donald Trump, ia menganggap situasi di Washington saat ini “sebagai pertunjukan politik.”

“Korupsi, pertempuran, kebohongan, dan krisis, itu semua harus berakhir,” katanya.

“Kami adalah generasi yang hidup di tengah bayang-bayang penembakan massal di sekolah, yang terjadi setelah era teror 11 September 2001. Kami adalah generasi pertama yang menghasilkan lebih sedikit dari orang tua kita, kecuali kita melakukan sesuatu yang berbeda.”

Sebelum meraih ambisinya menjadi presiden termuda, Buttigieg harus bersaing dengan sejumlah rekannya dari Demokrat yang turut dalam bursa kandidat capres partai.

Tiga senator perempuan AS yakni Elizabeth Warren, Kamala Harris, Kristen Gillibrang, hingga mantan anggota kabinet Presiden Barack Obama, Julian Castro, ikut dalam bursa kandidat capres Demokrat.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tempo.co

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *