Longsor dan Puting Beliung Melanda Beberapa Titik di Jepara

Hujan deras yang melanda Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sejak malam hingga pagi tadi mengakibatkan bencana di sejumlah wilayah. Tidak ada korban jiwa, tapi seorang warga mengalami luka.

Dari pantauan, terjadi bencana tanah longsor di Dukuh Pekoso tepat di atas Balai Desa Tempur, Kecamatan Keling pada pukul 08.00 WIB, Jumat (25/1/2019). Peristiwa ini mengakibatkan seorang warga bernama Karyani terluka. Karyani berhasil dievakuasi dan dilarikan ke Rumah Sakit Rehatta.

Tak lama berselang, terjadi angin puting beliung di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, pada pukul 09.00 WIB. Angin puting beliung merusak atap rumah warga dan mengakibatkan beberapa pohon tumbang.

Pohon yang berada di pinggir jalan di Desa Kuanyar, Kecamatan Mayong juga tumbang menimpa kabel listrik di dekat SPBU Sengon.

Selain itu, di Karimunjawa air drainase meluap menggenang di jalan. Sehingga aktifitas warga sempat terganggu, Kamis (24/1) malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak berkait untuk menangani bencana tersebut.

“Sudah berkoordinasi. Saat ini petugas gabungan sudah menuju lokasi yang dilanda bencana,” ujarnya Arwin saat dihubungi detikcom, Jumat (25/1/2019).

Untuk saat ini, pihaknya masih belum mengantongi data detil mengenai jumlah kerusakan dan kerugian yang diakibatkan.

“Yang kami terima laporan ada tanah longsor di (desa) Tempur dengan korban luka, puting beliung, pohon tumbang dan banjir di Karimunjawa. Untuk detilnya, petugas kami masih di lapangan,” paparnya.

Diwawancara terpisah, Camat Karimunjawa, Septwagus Karnan Ejeng menuturkan bahwa banjir yang melanda di Karimunjawa hanya berasal dari luapan air drainase.

“Kejadiannya tadi malam. Itu karena drainase yang tidak mampu menampung air dan akhirnya meluap. Sekarang sudah surut,” tandasnya.

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Solopos

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *