Skenario Pengamanan Debat Capres Siap, Termasuk Jalur Escape VVIP

Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) pertama akan diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, malam nanti. Pengamanan lokasi debat pun dibuat menjadi 4 lapis (ring).

“Ring 1 domain Paspampres dengan sandi Pengamanan Waskita karena di situ ada presiden,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Dedi menerangkan pengamanan di Ring 2 menjadi domain bersama TNI-Polri dan Paspampres. Selanjutnya di Ring 3, yaitu luar gedung hotel, menjadi tanggung jawab Polri.

“Itu (Ring 3) misalnya halaman parkir,” ucap Dedi.

Dedi juga menuturkan Ring 4 adalah jalur-jalur yang akan dilewati oleh pejabat VVIP, termasuk jalur evakuasi baik melalui darat dan udara. Dia mengatakan semua skenario sudah dipersiapkan termasuk jalur penyelamatan (escape) VVIP (very very important person).

“Di Ring 4 itu jalur termasuk sudah ditetapkan escape VVIP baik escape udara, darat, termasuk ke rumah sakit terdekat. Semua skenario termasuk arus lalu lintas sudah dipersiapkan,” jelas Dedi.

Dedi menerangkan polisi juga telah merancang skema penyekatan antar kubu pendukung Paslon Nomor 01 Joko Widodo-Kiai Ma’ruf Amin dan Paslon Nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Penyekatan dua kubu sudah disiapkan dengan baik,” imbuh Dedi.

Debat capres-cawapres dijadwalkan akan berlangsung pukul 19.00 WIB malam nanti. Tema debat pertama ini adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

 

 

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Jawa Pos

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *