Tapanuli Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 5 Magnitudo

Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 skala Richter mengguncang wilayah Tenggara Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Selasa, 15 Januari 2019, pukul 06.59 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa tersebut memiliki episentrum pada koordinat 1,77 LU dan 99,09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 31 kilometer arah Tenggara Kota Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Propinsi Sumatera Utara pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG mengatakan gempa yang terjadi di Tapanuli Utara ini merupakan gempa bumi tektonik kerak dangkal atau “shallow crustal earthquake” yang terjadi akibat aktivitas zona sesar Sumatera “Sumatera Fault Zone” pada segmen Toru.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis mendatar atau “strike-slip fault”.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Tarutung dan Sipahutar IV MMI, Porsea II-III MMI, dengan hasil pemodelan yang menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

BMKG mencatat, hingga pukul 07.19 wib, tidak ada aktivitas gempa bumi susulan yang terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapanuli Utara, Yunus Caesar Hutauruk menyebutkan, gempa yang terjadi tidak menimbulkan kerusakan. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Tadi, kita sudah berkoordinasi dengan Camat Pahae Jae yang diteruskan dengan seluruh Kepala Desa di wilayah itu. Tidak ada dampak kerusakan yang terjadi,” ujarnya.

Gempa ini juga dirasakan oleh masyarakat di Tapanuli Tengah dan Sibolga. Salah satunya di Kelurahan Aek Tolang Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah. Warga di kawasan itu langsung menyelamatkan diri keluar dari dalam rumah sembari membawa anggota keluarga mereka.

“Kencang kali goyangannya sampai lampu dalam rumah ikut goyang. Makanya kami langsung lari keluar rumah,” kata Yari Gultom warga Aek Tolang Pandan.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Tribunnews.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *