Capres Oposisi Diperkirakan Menang Pilpres Republik Demokratik Kongo

Felix Tshisekedi, capres dari kubu oposisi, diperkirakan akan memenangi Pilpres Republik Demokratik Kongo (RD Kongo), mengungguli dua kandidat lain yang ikut berkompetisi sejak pemungutan suara dimulai pada 30 Desember 2018, kata komisi pemilihan negara itu.

Hasil sementara menempatkan total suara yang diperoleh Tshisekedi berada di depan dua kandidat lainnya; poros oposisi kedua, Martin Fayulu; dan Emmanuel Shadary, kandidat yang diusung partai pemerintah yang saat ini berkuasa, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (10/1/2019).

Jika terkonfirmasi, Tshisekedi akan menjadi kandidat pertama dari kubu oposisi yang memenangi pilpres sejak Republik Demokratik Kongo berdiri –ketika negara itu merdeka dari kolonialisme Belgia pada 1960.

Presiden saat ini, Joseph Kabila akan mengundurkan diri setelah 18 tahun menjabat. Dia telah berjanji untuk mentransfer kekuasaan secara teratur ke pemenang pilpres.

Menurut perolehan suara sementara per Kamis 10 Januari pagi waktu lokal –dengan total suara masuk hampir mencapai 50 persen– Felix Tshisekedi mendulang sekitar 7 juta suara. Membuntuti di belakangnya ada Martin Fayulu dengan total 6,4 juta suara dan Emmanuel Shadary dengan 4,4 juta suara.

Total suara masuk diperkirakan akan mencapai 100 persen pada Minggu 13 Januari 2019.

Tshisekedi, yang merupakan putra dari mantan pemimpin oposisi veteran Etienne Tshisekedi, telah berjanji untuk menjadikan perang melawan kemiskinan sebagai prioritas kepemimpinannya.

Presiden Joseph Kabila mengambil alih kekuasaan dari dari ayahnya yang terbunuh, Laurent Kabila pada 2001. Joseph Kabila terpilih pada tahun 2006, dan menjabat untuk periode kedua usai pemilihan kontroversial pada tahun 2011.

Joseph Kabila telah dilarang kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga menurut konstitusi, dan seharusnya mundur dua tahun lalu, tetapi, pemilihan ditunda setelah Komisi Pemilihan Republik Demokratik Kongo mengatakan perlu waktu lebih banyak untuk mendaftarkan pemilih.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : The Standard

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *