Masuk Tanpa Izin, India Deportasi Lima Orang Rohingya

Kepolisian India kembali mengirim satu keluarga Rohingya ke perbatasan Myanmar. Mereka diangkut menggunakan bus untuk dideportasi.

Keluarga Rohingya ini beranggotakan lima orang, terdiri dari suami, istri dan tiga anaknya. Sebelumnya, mereka ditangkap dan dipenjara di negara bagian Assam pada 2014 karena masuk ke India secara ilegal.

Dilansir dari Radio Free Asia, Jumat 4 Januari 2019, mereka saat ini berada di gerbang perbatasan negara bagian Manipur dan sedang menunggu pejabat Myanmar untuk menjemput mereka.

Selain satu keluarga ini, polisi India juga masih menahan 20 orang lainnya yang berasal dari Myanmar. Mereka ditahan dengan sebab yang sama yaitu masuk ke Indian tanpa dokumen sah.

“Kami mengirim mereka kembali ke Myanmar setelah mendapat izin perjalanan dari negaranya. Sebagian dari mereka masuk ke India untuk mencari hidup yang lebih baik,” kata seorang petugas polisi India.

Deportasi pertama yang dilakukan India terjadi pada Oktober 2018 lalu di mana tujuh orang Rohingya dipulangkan. Namun, hingga kini tak ada kabar pasti dari orang-orang tersebut setelah dideportasi.

Menurut Pemerintah India, sampai hari ini masih ada 40 ribu Rohingya yang tinggal di penampungan di India, termasuk ibu kota New Delhi.

Rohingya merupakan etnis yang dihindari di India. Mereka dianggap mengancam keamanan negara. Pemerintah pun telah memerintahkan agar puluhan ribu Rohingya tersebut segera dideportasi.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *