Tarik Investasi, Indonesia Perkuat Ikatan Bisnis dengan China

Indonesia telah bekerjasama untuk meningkatkan lingkungan Bisnis yang lebih baik untuk menarik lebih banyak Investasi dari China. Indonesia juga telah bekerjasama untuk mempromosikan perdagangan bilateral dengan China.

Benny Yan Pieter Siahaan, direktur Direktorat Kerjasama Luar Negeri ASEAN di bawah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), mengatakan Indonesia berharap untuk memperkuat hubungan ekonomi dengan China. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan peraturan baru untuk Investasi asing.

Ade Petranto, direktur Direktorat Kerjasama Ekonomi ASEAN di bawah Kemenlu, berbagi pandangan serupa. “Indonesia berharap untuk mengambil manfaat dari kerangka kerja ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Indonesia juga berharap untuk lebih melakukan perdagangan dan Investasi dengan China dan anggota ASEAN lainnya,” katanya.

Terkait hal ini, presiden eksekutif di China-ASEAN Business Council juga mengatakan asosiasi Bisnis dari China dan Indonesia dapat bekerja sama dengan perusahaan panduan yang lebih baik. Hal ini karena banyak yang tidak memiliki cukup pemahaman tentang pasar lokal dan peraturan terkait.

“Kecenderungan perusahaan China berinvestasi di luar negeri masih meningkat tetapi masalahnya adalah banyak saluran yang kurang tepat, sementara asosiasi Bisnis dari kedua belah pihak dapat menawarkan banyak informasi mengenai aspek ini dan seterusnya,” kata Xu yang dilansir oleh China Daily (18/12).

“Asosiasi kami berencana membangun jembatan antara asosiasi Bisnis China dan Indonesia, untuk meningkatkan Kerjasama yang bersifat potensial,” kata Xe.

China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama tujuh tahun berturut-turut. Pada 2017, perdagangan bilateral mencapai USD63,3 miliar, naik 18,3 persen tahun ke tahun. Investasi langsung China ke Indonesia mencapai USD3,4 miliar pada tahun yang sama, naik sekitar 26 persen tahun ke tahun, mengutip data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia.

Perdagangan antara China dan ASEAN mencapai USD514,8 juta pada tahun 2017, naik 13,8 persen tahun ke tahun. Volume perdagangan antara Cina dan negara-negara ASEAN mencapai rekor tertinggi pada tahun 2017, menurut Kementerian Perdagangan China. Investasi dua arah antara Cina dan negara-negara ASEAN melampaui USD200 miliar.

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : DW

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *