Ukraina Akhiri Perjanjian Persahabatan dengan Rusia

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menandatangani undang-undang untuk mengakhiri Perjanjian tentang Persahabatan, Kerja Sama, dan Kemitraan antara Ukraina dan Rusia. Hal itu diumumkan dinas pers kepresidenan Ukraina.

Perjanjian itu, yang telah berlangsung selama sekitar dua dekade, akan dihentikan pada tanggal 1 April 2019 di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Pemimpin Ukraina mengatakan bahwa tidak diperpanjangnya kesepakatan itu adalah bagian dari strategi reorientasi Ukraina terhadap Eropa seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (11/12/2018).

RUU itu disetujui oleh parlemen Ukraina pada hari Kamis, didukung oleh 277 suara, jauh dari suara minimum yang diperlukan yaitu 226.

Pada bulan September, Poroshenko menandatangani surat keputusan untuk menegakkan keputusan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional untuk mengakhiri perjanjian persahabatan dengan Rusia.

Berdasarkan perjanjian, yang ditandatangani pada tahun 1997 dan mulai berlaku pada tanggal 1 April 1999, Kiev dan Moskow berjanji untuk menghormati perbatasan masing-masing dan untuk menyelesaikan perselisihan dengan damai.

Perjanjian tersebut mencakup klausul yang secara otomatis diperpanjang setiap sepuluh tahun jika tidak ada pihak yang mengambil tindakan untuk mengakhirinya.

Hubungan antara Kiev dan Moskow, yang telah memburuk sejak awal 2014 atas Crimea dan timur Ukraina, meningkat bulan lalu.

Pada 25 November, tiga kapal Ukraina yang mencoba berlayar melalui Selat Kerch dari Laut Hitam ke Laut Azov disita oleh pasukan Rusia karena diduga melanggar perbatasan Rusia.

Angkatan Laut Ukraina mengatakan bahwa mereka telah memberi tahu Rusia sebelumnya, sementara Rusia mengatakan tidak menerima laporan seperti itu dan kapal-kapal tersebut mengabaikan peringatan ganda oleh penjaga perbatasan Rusia.

Di bangun dari ketegangan, Ukraina memberlakukan darurat militer di 10 wilayah terutama yang berbatasan dengan Rusia selama 30 hari mulai dari 26 November.

Poroshenko mengatakan bahwa darurat militer tidak berarti deklarasi perang, tetapi langkah menuju penguatan pertahanan Ukraina.

 

 

 

 

 

Sumber :  sindonews.com
Gambar : Layar Berita

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *