Qatar Siap Tinggalkan OPEC Mulai Tahun Depan

Qatar mengumumkan akan meninggalkan OPEC mulai Januari 2019. Negara Teluk itu mengatakan sudah memberitahu OPEC tentang keputusan itu, sebelum mengumumkannya. Qatar secara resmi akan meninggalkan organisasi negara-negara pengekspor minyak OPEC mulai bulan depan. Hal itu disampaikan Menteri Energi Qatar, Saad al-Kaabi, hari Senin (3/12).

“Qatar sudah memutuskan untuk menarik diri dari keanggotaannya di OPEC, efektif (mulai) 1 Januari 2019,” kata Kaabi pada konferensi pers Doha.

“Keputusan penarikan diri ini mencerminkan keinginan Qatar untuk fokus pada upaya mengembangkan dan meningkatkan produksi gas alam, dari 77 juta ton per tahun menjadi 110 juta ton di tahun-tahun mendatang,” kata Saad al-Kaabi selanjutnya.

“Qatar bangga berada dalam posisi internasional di garis terdepan sebagai produsen gas alam dan sebagai eksportir LNG terbesar – bahan bakar fosil terbersih, yang telah memberi Qatar perekonomian yang kuat dan tangguh,” kata perusahaan negara Qatar Petroleum, yang juga mengutip pernyataan Kaabi.

Dengan langkah itu, Qatar menjadi Negara Teluk pertama yang meninggalkan kartel pengekspor minyak itu sejak didirikan tahun 1960. Kaabi juga mengatakan, Qatar ingin meningkatkan produksi minyaknya dari 4,8 juta barel per hari menjadi 6,5 juta barel.

Dia menambahkan bahwa OPEC sudah diberitahu tentang keputusan pada hari Senin menjelang pengumuman. Belum ada komentar langsung dari OPEC yang berbasis di Wina, Austria.

 

 

 

 

Sumber :  jawapos.com
Gambar :  Akuratnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *