Marcus/Kevin Kandidat Juara BWF World Tour Finals 2018

Federasi Bulu Tangkis Dunia, BWF, mulai mengumumkan kandidat kuat juara BWF World Tour Finals 2018 yang tinggal menghitung hari. Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjadi kandidat kuat juara pada sektor tersebut.

Menilik prestasi Marcus/Kevin sepanjang 2018, BWF memperkirakan hanya sedikit pasangan yang mampu menghentikan langkah The Minions, julukan Marcus/Kevin, untuk meraih gelar kesembilan World Tour sepanjang tahun 2018.

Sepanjang kalender 2018, pasangan ranking satu dunia tersebut sudah mengoleksi delapan gelar World Tour. Selain itu, mereka juga meraih medali emas dalam olahraga multievent terbesar se-Asia, Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

Sayang, Marcus/Kevin gagal meraih gelar juara dunia. Langkah mereka terhenti pada babak perempat final World Championships 2018. Perjalanan epik Marcus/Kevin pada tahun 2018 dimulai dengan raihan tiga gelar secara beruntun pada Indonesia Masters, India Open dan All England Open.

Sempat surut saat terhenti pada perempat final Malaysia Open 2018, Marcus/Kevin bangkit dengan menjuarai Indonesia Open 2018. Namun, periode surut Marcus/Kevin belum sepenuhnya usai.

Mereka kembali gagal melewati babak perempat final saat tampil pada World Championships 2018, sebelum menyabet medali emas Asian Games 2018 dan juara Japan Open 2018. Setelah itu, Minions menjadi semifinalis China Open 2018.

Marcus/Kevin lalu menutup empat turnamen reguler World Tour terakhir pada tahun ini dengan meraih tiga gelar juara. Mereka hanya gagal naik podium utama French Open 2018 setelah kalah pada laga final.

Dengan rangkaian prestasi mentereng tersebut, tercatat hanya ada empat ganda putra yang mampu menghentikan langkah Marcus/Kevin sepanjang tahun 2018. Keempat pasangan lawan itu ialah Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet (Thailand), Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang), He Jiting/Tan Qiang (China) dan Han Chengkai/Zhou Haodong (China).

Berbekal catatan tersebut, tak heran bila BWF meyakini turnamen World Tour Finals tahun ini akan kembali menjadi milik Minions seperti pada Superseries Finals 2017. BWF World Tour Finals 2018 dijadwalkan berlangsung pada 12-16 Desember mendatang di Guangzhou, China. (Any Hidayati)

 

 

 

 

 

Sumber :  kompas.com
Gambar :  BolaSport.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *