Reuni 212, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa alih arus lalu lintas terkait kegiatan Reuni 212, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12) mendatang.

“Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan seluruh jajaran melaksanakan pengaturan, pengawalan, rekayasa lalu lintas, dan pengalokasian parkir,” ujar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro AKBP Budiyanto, kepada Beritasatu.com, Jumat (30/11).

Dikatakan, petugas lalu lintas yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan pengaturan berjumlah 1.459 personel dari Polda Metro dan satuan wilayah. Nanti polisi juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan stakeholder lainnya. “Anggota akan ditempatkan di sejumlah titik untuk melakukan pengamanan dan pengaturan,” ungkapnya.

Berikut rencana rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus:

Harmoni:

– Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk akan dibelokkan ke kiri arah Jalan Juanda.
– Arus lalin dari Jalan Majapahit normal belok ke kiri Jalan Suryo Pranoto – lurus ke arah Jalan Gajah Mada serta belok kanan ke arah Jalan Juanda.

Masjid Istiqlal:

– Arus dari Jalan Juanda diluruskan ke arah Gunung Sahari (Traffic Light MBAL).
– Arus lalin di Jalan Katedral akan diluruskan ke arah Pasar Baru (tidak belok ke kiri jalan Veteran Raya).
– Arus lalin dari Jalan Merdeka Timur yang akan ke Merdeka Utara diluruskan ke Jalan Perwira. Sedangkan Jalan Veteran III menuju ke Traffic Light MA disterilkan dari kendaraan.

Tugu Tani:

– Arus lalin dari arah timur yaitu Jalan Letjen Suprapto dibelokkan ke kiri arah Jalan Kramat Raya. Sedangkan arus lalin yang masuk Underpass dikanalisasi pada sisi lajur kanan arah ke Gunung Sahari. Untuk arus yang akan masuk ke Mess Denmabessad (Komplek RSPAD) akan difilterisasi.

– Arus lalin dari arah Kramat Raya menuju Tugu Tani diluruskan ke arah Jalan Gunung Sahari kecuali massa Reuni 212. Arus lalin dari Abdul Rahman Saleh dilakukan filterisasi untuk dialihkan belok ke kiri ke arah Jalan KKO Usman Harun menuju Simpang 5 Senen.

– Arus lalin dari Jalan Arief Rahman Hakim dan Jalan Kembang, pinggir Kali Kwitang, di Tugu Tani dilakukan filterisasi untuk dialihkan ke Jalan Menteng Raya sehingga mengurangi arus lalin yang menuju ke Jalan Ridwan Rais kecuali massa reuni 212. Arus lalin yang menuju Jalan Merdeka Selatan di Traffic Light Batu diluruskan ke arah Merdeka Timur.

Bundaran Patung Kuda:

– Arus lalin menuju ke Jalan Budi Kemuliaan baik dari Jalan Fachrudin maupun dari Jalan Abdul Muis diluruskan.

– Arus lalin dari Jalan Sabang menuju Traffic Light PT Garuda diluruskan ke arah Mersel lalu dibelokkan ke kanan atau lawan arus menuju halaman Balai Kota DKI Jakarta sebagai lahan parkir untuk massa aksi reuni 212.

Bundaran HI:

– Arus lalin dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju ke Jalan Agus Salim dilakukan filterisasi dan dibelokkan ke kiri masuk ke Jalan Kusuma Atmaja maupun ke Jalan Sumenep kecuali massa reuni 212.

– Arus lalin dari Traffic Light Koramil yang menuju ke Jalan Sultah Syahrir dilakukan filterisasi dan dibelokkan ke kiri menuju Jalan Siliwangi dan seterusnya. Sedangkan, khusus massa reuni 212 dari TL Mandarin akan diluruskan ke arah Agus Salim – TL PT Garuda masuk Jalan Merdeka Selatan diarahkan masuk Monas melalui Pintu Monas Barat Daya.

 

 

 

 

 

Sumber :  beritasatu.com
Gambar :   tirto.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *