Uni Eropa-Inggris Setujui Kesepakatan Pasca Brexit yang ‘Penuh Ambisi’

Para perunding dari Uni Eropa dan Inggris telah menyusun rincian hubungan perdagangan pasca Brexit yang masih harus disetujui oleh para pemimpin negara.
Uni Eropa dan Inggris telah mencapai kesepakatan tentang hubungan pasca-Brexit mereka, demikian pernyataan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, Kamis (22/11). Rancangan naskah ini pada prinsipnya telah disetujui oleh para perunding, tetapi masih membutuhkan pengesahan dari 27 anggota Uni Eropa yang tersisa.

“Presiden Komisi telah memberi tahu saya bahwa draft naskah telah disetujui di tingkat perunding dan pada prinsipnya disepakati di tingkat politik, tergantung dukungan para pemimpin,” kata Tusk.

Dokumen itu menyatakan “pihak-pihak menginginkan hubungan perdagangan barang yang sedekat mungkin, dengan maksud untuk memfasilitasi kemudahan perdagangan yang sah.”

Rancangan naskah hubungan pasca-Brexit dan kesepakatan tentang bagaimana Inggris akan menarik diri dari Uni Eropa akan dibahas oleh para pemimpin Uni Eropa pada pertemuan puncak khusus hari Minggu (25/11).

Para pejabat Uni Eropa menggambarkan kemitraan masa depan sebagai “ambisius, luas, mendalam dan fleksibel.”

Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan, bagaimanapun juga, bahwa masih banyak hal yang harus didiskusikan sebelum kesepakatan akhir.

“Saya akan melakukan apa pun untuk mendukung tercapainya kesepakatan,” kata Merkel pada pertemuan bisnis di Berlin, namun “jalan keluar tanpa perjanjian akan menjadi landasan terburuk bagi ekonomi dan hubungan kita di masa depan.”

Banyak pengamat mengatakan, tidak mungkin Parlemen Inggris akan memilih untuk mendukung kesepakatan Brexit setebal 585 halaman yang dipresentasikan Perdana Menteri Inggris Theresa May pekan lalu. Sehingga muncul pertanyaan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

 

 

 

 

Sumber : Detik.com
Gambar : Sky News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *