Riko Simanjuntak: Tampil di Piala AFF, Dilamar Klub dari Thailand

Di balik krusialnya peluang tim nasional Indonesia di fase grup Piala AFF Suzuki 2018 tampaknya ada pemain yang mendapatkan hasil positif. Pemain Persija Jakarta Riko Simanjuntak disebut-sebut tengah mendapat perhatian klub dari Thailand.

Pelatih Indonesia Bima Sakti mengatakan penampilan para pemain yang membela tim nasional akan berdampak tidak hanya kepada tim tapi juga karier masing-masing. Karena itu, Bima meminta kepada anak asuhnya agar bermain dengan maksimal dan memberikan penampilan terbaiknya bila diberi kesempatan bermain. “Kalau mereka bagus di tim nasional akan lebih mudah mencari klub,” ucapnya di Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Dari pengakuan Bima, Riko saat ini tengah menjadi perhatian klub-klub di Thailand. Ia menilai, kecepatan bermain Riko menjadi pembicaraan. “Saya pikir bukan Riko saja, pemain lain juga ada yang dipantau klub luar,” kata Bima.

Di dua laga pertama Piala AFF, Bima menurunkan Riko sebagai pemain pengganti. Pada saat melawan Singapura, Riko menggantikan Irfan Jaya. Sedangkan di partai Timor Leste, ia masuk menggantikan Febri Hariyadi. Baru di pertandingan melawan Thailand, Riko dipercaya pelatih menjadi starter.

Kontribusi terpenting pemain asal Pematangsiantar, Sumatera Utara itu, datang kala Indonesia menghadapi Timor Leste. Kehadirannya mengubah permainan Indonesia yang tertinggal satu gol dari lawan. Di laga yang berakhir dengan skor 3-1 itu Riko memberikan umpan yang dapat dikonversi menjadi gol oleh sundulan Alberto Goncalves.

Riko kembali menyumbangkan umpan saat Indonesia bertamu ke Thailand. Tendangan sudutnya ke arah gawang bisa dioptimalkan oleh Fachrudin Aryanto menjadi gol. Sayang, Indonesia kalah atas Thailand dengan skor 2-4.

Menanggapi ketertarikan klub-klub Thailand, Riko memilih untuk bersyukur. Ia menilai kontribusinya pada tiga laga tidak lepas dari dukungan rekan-rekannya. Ihwal tawaran dari klub asing, ia menyatakan belum memikirkannya walau sudah ada tawaran dari klub Thailand dan Malaysia. “Nanti saja,” kata Riko Simanjuntak.

 

 

 

 

 

 

Sumber :   tempo.co
Gambar :  Tempo.co

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *