Analisa BI Soal Strategi Pemerintah Kendalikan CAD

Pemerintah memastikan tidak akan mengeluarkan satupun kebijakan baru untuk mengatasi permasalahan defisit transaksi berjalan/Current Account Deficit (CAD) di sisa akhir tahun ini. Namun, berbagai kebijakan yang sudah ada akan terus dioptimalkan.

Berbagai kebijakan tersebut adalah kewajiban penggunaan tingkat komponen dalam negeri dalam setiap pembangunan, pengendalian impor melalui kenaikan tarif pajak, sampai dengan kewajiban penggunaan B20.

Selain itu, untuk mengundang aliran modal asing masuk, pemerintah pun tengah menggodok berbagai instrumen seperti Special Deposit Account (SDA), sampai dengan berbagai insentif fiskal lainnya.

Bank Indonesia (BI) pun memiliki penghitungan tersendiri mengenai dampak berbagai kebijakan pemerintah, terutama dalam mengendalikan defisit transaksi berjalan, meskipun tanpa suatu kebijakan baru.

Misalnya, terhadap defisit migas yang menjadi salah satu biang kerok membengkaknya defisit transaksi berjalan di kuartal III-2018. Kebijakan pemerintah, diyakini bisa menekan angka impor migas yang sudah terlampau tinggi.

“Kebijakan pemerintah dalam mengurangi CAD diperkirakan akan semakin berdampak,” kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/11/2018).

“Untuk mengurangi tekanan atas kebutuhan konsumsi migas dalam negeri, misalnya pembelian minyak mentah domestik untuk mengurangi impor jasa dan migas,” jelasnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu menegaskan, kebijakan pemerintah memang tak serta merta langsung menurunkan defisit transaksi berjalan. Dibutuhkan waktu lebih, untuk melihat efektivitas kebijakan tersebut.

Sri Mulyani tak memungkiri, rangkaian kebijakan pemerintah untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan belum cukup optimal. Misalnya, terlihat dari implementasi B20 yang masih cukup bermasalah terutama dari sisi distribusi.

Namun, BI cukup optimistis rangkaian kebijakan tersebut cepat atau lambat akan terasa efektivitasnya. BI yakin, defisit transaksi berjalan sepanjang tahun masih bisa dikendalikan.

“Termasuk untuk penambahan kuota produksi batubara dan perluasan mandat penggunaan biodiesel,” tegas Dody.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia
Gambar : okezone.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *