Mahathir Mohamad Cari Solusi Perdamaian di Thailand Selatan

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad bertandang ke Thailand. Ia bertemu dengan pemimpin negara itu pada Rabu 24 Oktober 2018.

Keduanya membicarakan perdamaian di provinsi-provinsi perbatasan selatan Thailand, di mana separatis telah lebih dari satu dasawarsa melancarkan pemberontakan.

Malaysia menjadi fasilitator antara kelompok pemberontak dan pemerintah Thailand, tetapi sejauh ini hanya sedikit kemajuan yang telah dicapai. Sementara hampir 7.000 orang tewas dalam pemberontakan di tiga provinsi paling selatan negara itu sejak 2004.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha mengatakan, ia dan Mahathir Mohamad membahas masalah yang dihadapi provinsi perbatasan selatan Thailand itu dan menyetujui kerjasama yang lebih besar.

“Kami saling memahami keprihatinan dan keterbatasan kami,” kata Prayuth seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (25/10/2018).

“Saya meyakinkannya bahwa dialog itu akan dilanjutkan, dengan Malaysia sebagai fasilitator.”

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengatakan pada hari Selasa, kunjungan Mahathir itu diharapkan dapat menambah momentum untuk proses perdamaian Thailand selatan.

Mahathir Mohamad secara singkat menjelaskan kepada para wartawan di Gedung Pemerintahan Bangkok bahwa hubungan yang lebih dekat antara kedua negara dapat mengakhiri konflik.

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : CNN.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *