Kalahkan UEA 1-0, Timnas U-19 Lolos ke Perempat Final Piala AFC

Timnas U-19 berhasil maju ke babak perempat final Piala Konfederasi Sepak Bola (AFC) U-19 setelah mengalahkan Uni Emirat Arab 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu 24 Oktober 2018.

Timnas U-19 meraih keunggulan pada babak pertama. Tapi, sejak menit ke-53 babak kedua, Timnas U-19 harus bermain dengan 10 orang setelah Nurhidayat mendapat kartu merah. Meski demikian Timnas U-19 berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 sampai babak kedua berakhir.

Gol tunggal gelandang Witan Sulaeman membawa Timnas U-19 Indonesia mengungguli Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0 pada babak pertama laga pamungkas Grup A Piala U-19 Asia 2018, Rabu.

Gol Witan dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta tersebut diciptakan pada menit ke-23.

Dalam partai penentu lolos tidaknya Indonesia ke perempat final ini, penyerang tim nasional U-19 Indonesia Hanis Saghara diturunkan oleh pelatih Indra Sjafri menggantikan posisi Rafli Mursalim.

Itu merupakan penampilan perdana Hanis Saghara di Piala U-19 Asia 2018. Rafli Mursalim sebelumya bermain sejak awal pertandingan di dua laga Grup A kontra Taiwan dan Qatar, tetapi belum berhasil mencetak gol.

Selain pergantian tersebut, praktis tidak ada perubahan lain yang dilakukan pelatih timnas U-19 Indra Sjafri di skuadnya. Indra menurunkan semua pemain yang sama seperti dua laga Grup A lalu.

Menghadapi UEA, Indonesia tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Skuat asuhan pelatih Indra Sjafri praktis tidak memberikan UEA kesempatan untuk mengembangkan permainan.

Kesempatan terbuka untuk menorehkan gol datang pada menit ke-12. Namun, sundulan Hanis Saghara persis di depan gawang UEA tak menemui sasaran.

Terus menekan, bahkan di wilayah separuh lapangan, membuat Indonesia berhasil mendapatkan gol di menit ke-23 melalui Witan Sulaeman.

Witan yang membayangi pergerakan pemain UEA berhasil memaksa lawannya melakukan kesalahan operan. Kekeliruan itu kemudian dimanfaatkan Witan untuk menggiring bola dan menaklukkan kiper Suhail Abdulla.

Sepuluh menit setelahnya, peluang kembali datang, kali ini dari tendangan bebas Saddil Ramdani. Sayang bola hasil sepakannya tepat mengarah ke penjaga gawang.

Pada menit ke-36, Witan lagi-lagi membahayakan lini belakang UEA. Akan tetapi, pemain asal Palu, Sulawesi Tengah ini tidak mampu mengarahkan bola tepat ke gawang meski sudah dalam kondisi bebas.

Tak ada gol tambahan lain dari kedua tim sampai pertandingan memasuki masa jeda. Berhasil mempertahankan keunggulan sampai laga berakhir, Indonesia akan lolos ke perempat final Piala U-19 Asia 2018.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-19 Indonesia: Muhamad Riyandi, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris (kapten), Rachmat Irianto, Firza Andika, Syahrian Abimanyu, Muhammad Luthfi, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana, Hanis Saghara.

Timnas U-19 UEA: Suhail Abdulla, Yousif Ali Almheiri, Ahmad Abdulla, Omar Ahmad (kapten), Ali Saleh, Abdelrahman Saleh, Mansor Ibrahim, Ahmad Fawzi, Eid Khamis, Majid Rashid, Abdulla Alnaqbi.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Jawa Pos

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *