Anwar Ibrahim Ajak Generasi Muda Malaysia Berbahasa Cina

Presiden terpilih Partai Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Anwar Ibrahim menyerukan generasi muda Malaysia untuk mempelajari dan menguasai bahasa Cina. Menurutnya, pelajaran bahasa Cina penting karena sudah menjadi sebuah bahasa ekonomi regional.

Anwar yang juga telah resmi menjadi anggota parlemen setelah kemenangannya di pemilihan sela pada 13 Oktober lalu, menilai mempelajari bahasa selain Melayu yang merupakan bahasa nasional Malaysia sangatlah baik. Hal itu juga tidak diartikan bahwa anak-anak muda di negara itu harus mengorbankan pelajaran bahasa resmi mereka.

“Pada 1950-an dan 1960-an, perdebatan tentang bahasa Melayu dan Cina lebih tentang ras. Pada 2018, pertanyaannya adalah tentang bahasa Melayu sebagai bahasa nasional, dan bahasa Cina sebagai bahasa perdagangan yang sangat strategis,” ujar Anwar dilansir The Straits Times, Ahad (21/10).

Anwar menekankan sepanjang posisi bahasa Melayu sebagai bahasa nasional diterima tanpa pertanyaan, maka penguasaan bahasa asing harus didukung. Ia mengatakan bahwa bahasa Cina sering digunakan sebagai bahasa perdagangan di kawasan Asia.

Selain mengajak agar generasi muda Malaysia menguasai bahasa asing khususnya Cina, Anwar juga mengatakan pentingnya pembangunan bangsa Malaysia dengan pendekatan dari aspek kemanusiaan. Secara khusus, ia melihat hal itu diperlukan untuk meningkatkan pemahaman Islam.

“Pandangan ekonomi kita tidak harus hanya pemerintahan yang baik dan tanpa korupsi, tapi harus ada nilai-nilai kemanusiaan,” Anwar menambahkan.

 

 

 

 

 

Sumber : republika.co.id
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *