Festival Film Internasional Busan ‘Tergusur’ Topan Kong-rey

Penyelenggara Festival Film Internasional Busan tidak hanya kerepotan mempersiapkan acara yang berkesan untuk para tamu, peserta, juga penonton. Belakangan, mereka juga disibukkan dengan persiapan penanganan datangnya topan di akhir pekan ini.

Gelaran ke-21 dari acara sinema Korea Selatan telah dilangsungkan mulai Kamis (4/10) dan berjalan selama 10 hari ke depan hingga 13 Oktober.

Menurut prakiraan cuaca, Topan Kong-Rey diperkirakan akan bergerak ke bagian selatan Semenanjung Korea, di mana Busan berada, selama akhir pekan mendatang. Diperkirakan topan ini akan menyeberangi Kepulauan Ryukyu dan Cina Timur sampai Jumat (5/10), lalu bergerak menuju Korea Selatan.

Badan Meteorologi Korea pun mengisyaratkan 80 hingga 90 persen kemungkinan bahwa Topan Kong-rey akan menghantam Busan. Topan ini diperkirakan akan mendekat ke wilayah Busan sekitar Sabtu (6/10) pagi.

Umumnya, akhir pekan merupakan masa-masa di mana kerumunan besar akan memadati acara. Demi mengantisipasi kejadian tak diinginkan, panitia pun memindahkan sejumlah kegiatan di luar ruangan, termasuk penampilan bintang top Asia dan para sineas di panggung tepi pantai di BIFF Village menjadi acara dalam ruangan dengan adanya prakiraan cuaca tersebut.

Sesi bincang-bincang dan temu sapa pun dipindah dari yang semula bertempat di Pantai Haeundae menjadi di Busan Cinema Center, tempat utama festival tempat acara pembukaan dan penutupan diadakan.

Mengutip Hollywood Reporter, ini bukan kali pertama bahwa cuaca menjadi hambatan dalam penyelenggaraan festival film terbesar di Asia.

Pada 2016, Topan Chaba datang kala malam pembukaan dan merusak struktur di BIFF Village termasuk beberapa bangunan, panggung terbuka, dan mesin tiket otomatis. Lebih dari dua lusin properti khas festival ini pun terpaksa digeser.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *