Rupiah Masih Bisa Melemah di Atas Rp 15.000/US$

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin lemah. Bahkan, greenback kini sudah menembus level psikologis baru yaitu Rp 15.000/US$.

Pada Selasa (2/10/2018) pukul 11:07 WIB, US$ 1 berada di level Rp 15.001. Rupiah melemah 0,64% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kali terakhir rupiah mencapai kisaran Rp 15.000/US$ yakni pada Juli 1998. Kala itu, Indonesia tengah didera krisis moneter (krismon). Artinya, posisi rupiah hari ini adalah yang terlemah sejak 9 Juli 1998.

Lantas, apakah pelemahan ini bakal berlanjut?

“Saya lihat bertahap pergerakannya. [Pelemahan rupiah] tidak terlalu drastis pelemahannya lebih lanjut,” kata Ekonom Maybank Myrdal Gunarto kepada CNBC Indonesia, Selasa (2/10/2018).

Myrdal menjelaskan, keperkasaan dolar AS salah satunya dipengaruhi oleh dampak kenaikan bunga acuan yang membuat aliran modal di pasar keuangan kembali ke negeri Paman Sam.

“Di sisi lain, CAD [current account deficit] juga masih di kisaran 3%. […] Kita juga harus perhatikan CAD, apalagi harga minyak terus menguat,” jelasnya.

Menurut Myrdal, perbaikan defisit transaksi berjalan menjadi prioritas khususnya melalui peningkatan ekspor serta melakukan diversifikasi produk-produk impor dalam jumlah besar.

“Kenaikan suku bunga moneter juga untuk menjaga stabilitas rupiah melalui transmisi pasar keuangan domestik,” tegasnya.

 

Sumber : CNBC Indonesia
Gambar : Teras Lampung

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *