Marc Marquez Heran dengan Masalah Yamaha di MotoGP 2018

Juara bertahan MotoGP yang juga pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengaku heran dengan masalah yang dimiliki Yamaha di MotoGP 2018 ini.

Di musim ini Yamaha belum menempatkan pebalapnya di podium pemenang. Dari 13 seri yang telah digelar, pemenang balapan dikuasai Honda dan Ducati. Honda memenangi 7 balapan melalui Marquez, sedangkan Ducati menang di 6 seri lewat Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Prestasi terbaik pebalap yang menggunakan motor Yamaha di musim ini adalah runner up di empat seri. Johann Zarco dari Monster Yamaha Tech 3 dua kali runner up (MotoGP Argentina dan MotoGP Spanyol, sedangkan pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi di MotoGP Jerman sedangkan Maverick Vinales di MotoGP Amerika Serikat.

Kondisi itu membuat Marquez cukup heran mengingat Yamaha disebut-sebut bakal menjadi pesaing kuat Honda di musim ini. Meskipun banyak pihak tahu para pebalap Yamaha seperti Rossi atau Vinales kerap mempersoalkan masalah elektronik dan mesin di motor mereka.

Keanehan yang dirasakan Marquez makin besar setelah Johann Zarco yang sempat ‘menggebrak’ di awal-awal musim kini justru tampak tenggelam.

“Sejujurnya, ini agak aneh. Zarco sangat cepat dalam balapan pertama dan di tes musim dingin tahun ini,” ucap Marquez dikutip dari Tuttomotoriweb.

“Tetapi di beberapa seri tampaknya memiliki masalah. Dia bahkanseperti memiliki masalah dalam satu lap cepat seperti di kualifikasi. [Padahal] untuk hal ini dia selalu sangat kuat di masa lalu,” Marquez menambahkan.

Meski pebalap asal Spanyol itu enggan berbicara banyak mengenai masalah pebalap Yamaha, tetapi Marquez menilai keterpurukan yang dialami Zarco dengan motor Yamaha terjadi setelah pebalap asal Prancis itu mengumumkan kontrak musim depan dengan KTM di MotoGP Spanyol.

Di mata Marquez Yamaha belum memberikan pembaruan sejak Zarco dikontak KTM untuk musim depan.
Tidak saja dengan Zarco, Marquez juga bingung dengan performa Vinales yang tidak kunjung mengalami perbaikan. Padahal menurut Marquez Vinales memiliki akselerasi yang bagus di MotoGP Aragon.

“Dia melaju dengan baik, tapi waktu putarannya tidak memuaskan. Saya melihat beberapa kelemahan, ada ada beberapa masalah dengan Yamaha, tapi saya lebih suka menyimpannya sendiri,” ucap Marquez.

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : Wikipedia

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *