Kenaikan Suku Bunga The Fed Akan Berlanjut

Bank sentral Amerika Serikat (AS) siap menaikkan suku bunga lagi jika ekonomi tetap sehat. Hal ini tercatat dalam notulen rapat Federal Reserve terbaru. “Banyak partisipan rapat menyarankan bahwa jika data mendukung outlook ekonomi, sudah pantas jika bank sentral mengambil langkah lebih lajut untuk menarik kebijakan akomodasi,” ungkap catatan rapat Federal Open Market Committee pada 31 Juli-1 Agustus Kamis (23/8/2018).

Notulen ini menyebut, kenaikan suku bunga dilakukan secara bertahap hingga tercapai target suku bunga akan konsisten dengan ekspansi berkelanjutan aktivitas ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat serta inflasi yang hampir mencapai target 2 persen di jangka menengah. Banyak pejabat bank sentral mengungkapkan sudah layak bank sentral mengubah kebijakan moneter dalam tempo yang tidak terlalu lama lagi.

Sinyal kenaikan suku bunga dari The Fed ini makin jelas meski Presiden AS Donald Trump kemarin mengatakan tidak ingin suku bunga AS yang terlalu tinggi. Sejak Desember 2015, bank sentral AS sudah menaikkan suku bunga sebanyak tujuh kali, masing-masing 25 basis point. Jumat ini, Gubernur The Fed Jerome Powell kemungkinan akan memberikan sinyal outlook kebijakan moneter pada pertemuan tahunan The Fed di Jackson Hole, Wyoming.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : The Federal Reserve

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *