Lepas Pasukan Perdamaian PBB, Jokowi Ingin Target Segera Tercapai

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas keberangkatan 850 personel Satuan Tugas RDB Kontingen Garuda XXXIX-A Congo, dan 120 personel Satuan Tugas MTF Kontingen Garuda XXVIII-K Lebanon, Jumat pagi, 31 Agustus 2018. Dengan keberangkatan ratusan personel Tentara Nasional Indonesia pagi ini, maka Indonesia hampir memenuhi target mengirimkan 4 ribu personel pasukan perdamaian PBB.

Jokowi meminta agar target 4 ribu personel ini bisa segera diselesaikan. Ia menjelaskan, dengan keberangkatan ini, maka pasukan Indonesia yang bertugas di PBB sebanyak 3.552 personel. “Artinya kita telah mencapai 88,3 persen dari target 4 ribu personel yang kami canangkan,” katanya di Kompleks Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 31 Agustus 2018.

Jokowi menuturkan Indonesia memiliki sejarah panjang dalam proses perdamaian dunia. Menjaga perdamaian dan ketertiban dunia, kata dia, merupakan amanat konstitusi Indonesia.Indonesia, kata Jokowi, sudah mengirimkan pasukan perdamaian PBB sejak 1957. Secara total, maka sejak 1957 Indonesia telah mengirimkan lebih dari 38 ribu pasukan perdamaian PBB.

“Saat ini Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar pengirim pasukan perdamaian PBB,” ucapnya. Saat memberikan sambutannya, Jokowi mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi Indonesia. “Pagi ini, hari ini, Indonesia berbangga. Bukan hanya bangga atas prestasi atlet di Asian Games dan raihan 30 medali emas, tetapi juga bangga akan melepas Kontingen Garuda untuk misi perdamaian di Republik Kongo dan Republik Lebanon.

Bangga turut menjaga ketertiban dunia yang menjadi amanat konstitusi kita,” kata Jokowi.Menurut Jokowi, yang lebih membanggakan lagi adalah Kontingen Garuda yang bertugas di Kongo dan Lebanon bakal menggunakan alutsista buatan dalam negeri. “Sekaligus jadi etalase bagi keandalan produk industri strategis Indonesia,” ucapnya.

 

 

 

 

Sumber Berita : tempo.co
Sumber foto : Wartaindonesia.co.id

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *